Salin Artikel

Sapi Simental yang Dulu Kurus Kini Capai 1 Ton, Harganya Rp 130 Juta

Sapi yang berusia 2,5 tahun tersebut sudah dipelihara oleh Imron sejak 6 bulan terakhir. Imron bercerita, saat dibeli, sapi tersebut dalam keadaan kurus. Dalam satu bulan dipelihara, bobot sapi tersebut bertambah hingga satu kuintal.

Imron menuturkan, penggemukan sapi yang sudah dilakukan oleh keluarganya selama 17 tahun baru kali ini menghasilkan sapi hingga memiliki bobot 1 ton 68 kilo. Bukan hanya beratnya yang istimewa, sapi milik Imron juga terlihat bersih, sehat dan bulunya rapi

"Sebelumnya ya paling mentok 1 ton atau 1 ton kurang. Enggak pake obat-obatan hanya ampas tahu per hari tiga ember besar, katul gandum, kulit kedelai dan minumnya sari kedelai. Itu khusus sapi ini saja," ungkap Imron, Senin (28/8/2017).

Dia mengatakan, jelang Idul Adha, sapi yang dimiliki tersisa tiga ekor, sedangkan enam sapi lainnya yang rata-rata berbobot hampir 1 ton sudah laku dibeli untuk kurban. Salah satu sapinya dibeli oleh petinggi kepolisian di Surabaya.

"Malam ini sapinya akan dikirim ke Surabaya. Beratnya hampir 1 ton," ungkapnya.

Per hari, dia harus mengeluarkan biaya Rp 50.000 untuk satu sapi. Biaya tersebut termasuk untuk perawatan, kebersihan kandang dan juga makan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian (Disperta) Banyuwangi, Arief Setiawan, mengatakan, ada sekitar 200 ekor hewan kurban yang disediakan di Cattle Market Festival di lapangan GOR Tawangalun Banyuwangi.

Tidak hanya hewan kurban yang telah bersertifikat dan telah lulus pemeriksaan kelayakan, pembeli juga mendapatkan informasi lengkap terkait hewan kurban yang dibeli, mulai dari usia hingga kesehatan. Pembeli juga bisa mendapatkan informasi tukang jagal yang mampu menyembelih hewan dengan mengikuti ketentuan-ketentuan agama.

"Hewan yang disediakan di Cattle Market Festival ini semuanya sudah lolos uji dan ada standarisasi harga," ungkap Arif.

Dia menambahkan, Banyuwangi Cattle Market sengaja digelar jelang Hari Raya Idul Adha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk hewan kurban. Masyarakat bisa melihat hewan kurban dan mendapatkan informasi seputar kesehatan hewan kurban.

"Jika ada yang cocok dengan hewan kurban bisa langsung dibeli, nanti pedagang akan mengantar ke tempat pembeli jika sudah mendekati hari raya Idul Adha," tutur Arief.

https://regional.kompas.com/read/2017/08/29/17521791/sapi-simental-yang-dulu-kurus-kini-capai-1-ton-harganya-rp-130-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke