Salin Artikel

Sapinya Dibeli Presiden Jokowi, Saeman Tingkatkan Pengamanan Kandang

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar usai meninjau langsung sapi itu, Senin (28/8/2017), menceritakan proses pencarian sapi kurban tersebut.

Menurut dia, pihak istana menelepon dirinya untuk mencarikan sapi berbobot minimal 800 kilogram. Setelah melalui proses pencarian panjang ke sejumlah peternak akhirnya ditemukan sapi seberat 1,1 ton itu. Pihak istana pun menyetujui untuk membeli sapi kesayangan milik Saeman tersebut sebagai sapi kurban.

“Presiden minta minimal 800 kilogram. Setelah saya cari ke setiap kabupaten di Sulbar akhirnya ditemukan sapi milik Saeman yang beratnya 1,1 ton. Nah inilah yang dibeli Presiden Jokowi untuk hewan kurban,” ucap Ali.

Dia menyebutkan, setelah melalui proses pemeriksaan petugas kesehatan hewan setempat, sapi  yang diberi nama Kliwon oleh pemiliknya itu bebas dari penyakit dan layak untuk menjadi hewan kurban.

Rencananya sapi tersebut akan dikurbankan  untuk masyarakat Sulawesi Barat pada Hari Raya Idul Adha, Jumat (1/9/2017).

Saat ini Kliwon masih dititipkan di kandang milik Saeman di belakang rumahnya.

Sejak resmi dinyatakan dibeli Presiden Jokowi, Saeman kian pun memperketat pengamanan sapinya. Makanan dan minumannya lebih diteliti sebelum dijadikan pakan.

"Maklum yang membeli sapinya itu bukan orang sembarangan, melainkan Presiden Jokowi, sebutnya.

Menurut Saeman, sapi tersebut sebetulnya sudah beberapa kali ditawar pembeli dengan harga yang lumayan, tetapi Saeman yang pencinta sapi jumbo ini enggan menjualnya karena ingin memeliharanya lebih lama.

Namun saat Presiden Jokowi akan membeli sapinya, tanpa berpikir lagi dia langsung menyetujui untuk menjualnya kepada orang nomor satu di Indonesia itu.

Sapi yang memiliki warna bulu hitam kecoklatan ini baru berumur lebih dari tiga tahun. Ukuran badannya mempunyai tinggi 170 cm, panjang badan 3 meter, dengan bobot seberat 1,1 ton.

Saeman sendiri memelihara Kliwon sejak umur 8 bulan. Sapi super jumbo ini diberi pakan berupa batang pisang campur ampas tahu. Jadwal pemberian makan setiap sore. Sementara untuk perawatannya setiap hari dimandkani dua kali, yakni pagi dan sore.

“Bukan hanya saya yang bangga dan senang warga dan pemerintah juga bangga sapi asal Polman dibeli Presiden,” sebutnya.

https://regional.kompas.com/read/2017/08/28/16362241/sapinya-dibeli-presiden-jokowi-saeman-tingkatkan-pengamanan-kandang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke