Salin Artikel

Lomba Unik Peringati HUT RI, Balap Karung Pakai Helm "Full Face"

Lomba balap karung ini memang beda dengan biasanya, sebab para peserta yang terdiri dari puluhan remaja dan anak-anak ini benar-benar diikat dalam karung dan hanya menyisakan kepala yang menggunakan helm, layaknya pengendara sepeda motor di jalan raya.

Minimnya latihan mengatur keseimbangan badan dalam karung membuat banyak peserta jatuh terguling-guling dan menabrak peserta lain. Sontak, aksi ini mengundang gelak tawa para penonton.

Puluhan panitia pelaksana terpaksa bekerja keras mengangkat dan memperbaiki posisi peserta agar bisa melanjutkan perlombaan hingga ke garis finish. Peserta pun berusaha berdiri dengan susah payah agar bisa menyelesaikan perlombaan.

Meski lomba ini hanya berhadiah sabun, buku tulis, serta handuk untuk para pemenang, namun tidak mengurangi semangat peserta untuk berlomba.

Helm full face yang berat juga menjadi tantangan peserta untuk menjadi juara.

"Susah lari cepat karena sempit. Tangan dan kaki tidak leluasa dalam karung jadinya terguling," tutur Umar.

Salah satu panitia pelaksana lomba, Aco menjelaskan, tujuan perlombaan ini adalah untuk mengakrabkan warga. Adapun hadiah hiburan yang disediakan panitia untuk para peserta sepenuhnya merupakan bantuan atau sumbangan sukarela dari warga.

"Intinya bukan soal hadiah, tapi bagaimana lomba ini jadi hiburan, sekaligus ajang untuk membangun silaturrahmi dan keakraban sesama warga," kata Aco.

https://regional.kompas.com/read/2017/08/19/10495301/lomba-unik-peringati-hut-ri-balap-karung-pakai-helm-full-face-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke