Salin Artikel

Warga Kampung di Makassar Upacara HUT RI di Sungai

Puluhan warga kampung Kaccia ini turun ke sungai yang kedalaman airnya 1,5 meter. Mereka melakukan upacara pengibaran bendera merah putih yang dipimpin inspektur upacara, Said Daeng Sija yang juga Ketua RW 06 Kaccia. Upacara diikuti mulai usia anak-anak hingga dewasa tanpa menggunakan pelampung.

"Upacara di dalam sungai ini sengaja dilakukan, agar warga terutama pemuda bisa merasakan betapa sulitnya merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Saya menyampaikan kepada pemerintah bawah meski Indonesia telah merdeka, tapi masih banyak warga yang belum merasakan kemerdekaan," kata Said.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Barombong, Idris Tajannang menambahkan, Sungai Kaccia ini dijadikan lokasi upacara karena merupakan bagian dari sejarah.

Baca: Di Yogyakarta, Warga Upacara di Tengah Sungai Code

Konon sejarahnya, sungai ini dulunya dijadikan tempat lewat pejuang melawan penjajah Belanda di di Makassar.

"Dulu penjajah Belanda bermarkas di tepi pantai Barombong. Jaraknya Benteng Somba Opu tidak terlalu jauh dengan markas penjajah. Jadi para pejuang menyeberang sungai Jeneberang lalu menyeberang sungai Kaccia untuk mendekat di markas penjajah. Jadi kita lakukan upacara HUT RI ke 72 di dalam sungai ini," terang Idris.

Upacara di sungai ini menjadi tontonan puluhan warga, meskipun pertama kali dilakukan upacara pengibaran bendera di bawah sungai ini berjalan dengan aman.

Baca: Paskibraka di Kapuas Hulu Upacara Bendera di Tengah Banjir

https://regional.kompas.com/read/2017/08/17/20433961/warga-kampung-di-makassar-upacara-hut-ri-di-sungai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke