Salin Artikel

Ridwan Kamil Ingin Adopsi Sistem Transportasi Bus dari Meksiko

Ridwan mengatakan, sistem transportasi bus di Meksiko dianggap sebagai yang terbaik di dunia. Ia pun berharap Kota Bandung bisa mencontoh sistem tersebut untuk diaplikasikan ke dalam sistem Trans Metro Bandung (TMB).

"Sistem TMB-nya Meksiko itu yang terbaik didunia. Saya tugaskan dalam waktu dekat agar kepala Dinas Perhubungan melakukan percontohan," ujar Emil, sapaan akrabnya, di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Senin (14/8/2017).

Emil menjelaskan, dari hasil tinjauannya, fasilitas bus yang nyaman serta banyaknya halte membuat masyarakat Meksiko lebih memilih menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi.

"Bagusnya di Meksiko itu bisa merubah pola masyarakat yang biasanya naik mobil pribadi menjadi naik bus. Saking busnya nyaman, jarak antar busnya dekat, kemudian halte-nya banyak sekali. Sehingga orang mengubah gaya hidup yang biasanya mobil bermotor menjadi ke bus," ucapnya.

"Gandengannya bisa tiga seperti kereta tapi pakai ban begitu," tambah Emil.

Namun, Emil mengatakan, salah satu kendala pengembangan trasportasi bus di Bandung yakni kondisi jalan yang relatif kecil.

"Di Bandung jalannya kecil, kita harus bikin sebuah konsep busway TMB. Busnya berukuran sedang tapi bisa memadai. Yang paling mudah bsa diterapkan di Jalan Soekarno-Hatta," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2017/08/14/15043641/ridwan-kamil-ingin-adopsi-sistem-transportasi-bus-dari-meksiko

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke