Salin Artikel

Gus Ipul Disebut Siap Bantu Siswa MI yang Sempat Curhat ke Jokowi

Kepada Neira Fatmah (43), ibu kandung Fabian, Gus Ipul menyatakan akan mewujudkan impian anaknya bila ada acara olimpiade matematika tingkat internasioal.

Pernyataan itu disampaikan Gus Ipul saat Neira diwawancara Radio Elshinta FM dan dihubungkan langsung dengan Wakil Gubernur Jawa Timur.

"Gus Ipul sampaikan kalau nanti berkesempatan ikut lomba di luar negeri akan diusahakan dibantu untuk mewujudkan impian Fabian. Beliau sampaikan hal itu saat saya dan Fabian diwawancara Radio Elshinta, kemudian dihubungkan dengan Gus Ipul kemarin," kata Neira, Jumat (28/7/2017) siang.

Saat dihubungkan dengan Gus Ipul, Neira mengaku diminta menceritakan prestasi yang diraih Fabian. Tak hanya itu, Gus Ipul juga memintanya menjelaskan kronologi video curhat Fabian kepada Jokowi dan bisa menjadi viral.

Neira juga menyampaikan keinginan Fabian mengikuti ajang Olimpiade Siswa Nasional (OSN), dua tahun mendatang. Namun kondisi itu terkendala karena OSN diperuntukkan bagi siswa SD saja, sementara siswa MI tidak bisa mengikutinya.

"Nanti katanya mau diusahakan melalui jalur khusus, dua tahun lagi. Tapi Fabian nya masih kelas empat MI," jelas Neira.

Pada 2016 lalu, kata Neira, yayasan tempat Fabian sekolah pernah menyurati Gubernur Jawa Timur Soekarwo meminta bantuan biaya untuk mengikuti olimpiade tingkat internasional di Singapura. Namun surat itu tidak mendapat tanggapan.

Untuk berangkat ke Singapura mengikuti olimpiade itu membutuhkan biaya Rp 25 juta per orang. Sedangkan yang akan berangka sebanyak 3 orang, yakni selain Fabian, Neira dan satu guru pendamping.

Neira berharap, dengan video curhat yang kini menjadi viral itu pemerintah lebih memberi perhatian kepada anak-anak berprestasi seperti Fabian.

"Jangan hanya Fabian saja, tetapi anak-anak lain yang berprestasi nantinya juga harus mendapatkan perhatian dari pemerintah," harap Neira.

Bakat Fabian lihai berhitung sudah terlihat sejak anak ketiganya itu duduuk di bangku kelas satu MI. Saat itu, Fabian memang paling suka dengan pelajaran matematika. Bahkan sebelum masuk ke MI, Fabian diikutkan bimbingan belajar Sempoa.

"Bakat kemampuan Fabian berhitung dengan cepat kemungkinan juga menurun dari suami saya," tandas Neira.

Neira mengaku tak memiliki cara khusus mendidik Fabian. Namun ia bersama suaminya selalu berusaha mendampingi Fabian ketika sedang belajar.

Selain itu, ia bersama suaminya sering mencari bank soal matematika dari internet untuk melatih anaknya. Dengan demikian, Fabian akan terasah kemampuannya mengerjakan soal-soal matematika.

https://regional.kompas.com/read/2017/07/28/19120241/gus-ipul-disebut-siap-bantu-siswa-mi-yang-sempat-curhat-ke-jokowi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke