Salin Artikel

Risma Terjunkan Tim untuk Lacak Jejak Majapahit di Surabaya

"Jarang orang yang tidak tahu, Surabaya pernah menjadi pusat kerajaan Majapahit. Salah satu situsnya ada di Kampung Kraton di Jalan Kramat Gantung," ujar Risma saat meninjau beberapa lokasi sejarah Surabaya, Jumat (28/7/2017).

Penelusuran jejak sejarah itu, menurut Risma, penting untuk menegaskan identitas Kota Surabaya sebagai kota wisata sejarah selain dikenal sebagai Kota Pahlawan.

"Ada dua fase sejarah yang akan kami telusuri jejaknya, yakni Surabaya sebelum kemerdekaan, dan sejarah Surabaya setelah kemerdekaan," ucapnya.

(Baca  juga: Agama Gajah Mada dan Majapahit yang Sebenarnya Akhirnya Diungkap)

Pemkot Surabaya melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan menghimpun situs-situs sejarah di Surabaya baik sebelum maupun sesudah kemerdekaan untuk kemudian ditandai dan dirawat.

"Tahun depan tugas ini harus rampung karena di Surabaya akan banyak event skala internasional. Di kesempatan itu, saya akan perkenalkan Surabaya sebagai kota wisata sejarah," tambahnya.

Selain di Kampung Kraton, Risma bersama jajaran SKPD juga mengunjungi beberapa titik sejarah seperti Rumah HOS Cokroaminoto di Kampung Peneleh, Gedung Nasional Indonesia (GNI) Jalan Bubutan, Monumen Tugu Pahlawan, dan Rumah W.R Soepratman Jalan Mundu. 

https://regional.kompas.com/read/2017/07/28/17543071/risma-terjunkan-tim-untuk-lacak-jejak-majapahit-di-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke