Salin Artikel

Pengamat: Pilkada Jabar Bakal Jadi "Perang Bintang"

Namun analis politik POINT Indonesia Airf Nurul Iman berpendapat, pilkada yang paling menarik bakal terjadi di Jawa Barat.

Menurut Arif, hampir seluruh partai memiliki fokus penuh ke daerah paling besar jumlah penduduknya di Indonesia, salah satunya Jabar, karena fokus mereka menyongsong Pemilu 2019.

"Pilkada Jawa Barat adalah pilkada menarik bagi parpol karena memiliki ceruk massa terbesar. Ini bisa dikatakan sebagai pilkada pertaruhan," ujar Arif kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Kamis (28/7/2017).

Lanjut Arif, partai politik bakal bertarung mati-matian untuk Pilkada Jabar karena momentum ini sekaligus dimanfaatkan untuk membangun kantong suara untuk Pemilu 2019.

Selain itu, menurut dia, parpol akan menggunakan pilkada sebagai ajang memanaskan mesin politik.

"Selain partai, bakal calon yang bermunculan pun merupakan tokoh-tokoh yang dikenal dengan prestasi dan popularitasnya," ungkapnya.

Ditambahkan Arif, Pilkada Jabar menarik perhatian lantaran banyak pesohor politik yang digadang-gadang oleh berbagai pihak untuk maju sebagai cagub dan cawagub.

Sebut saja, misalnya Dedi Mulyadi, Deddy Mizwar, Ridwan Kamil, Dedi Yusuf, Desi Ratnasari, AA Gym, dan Rieke Dyah Pitaloka.

"Pilkada Jawa Barat merupakan 'perang bintang', sehingga menarik terus dicermati," tandas Arif.

https://regional.kompas.com/read/2017/07/27/12533131/pengamat--pilkada-jabar-bakal-jadi-perang-bintang-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke