Salin Artikel

Gus Ipul: Warga NU Sudah Terbiasa Menghadapi Dua Pilihan

Menurutnya, warga NU sudah terbiasa dengan dua pilihan yang sama–sama dari NU.

“Tidak apa-apa. Kalau warga NU sudah biasa (menghadapi dua pilihan) dengan sebuah pilihan-pilihan ini tidak masalah,” ujarnya seusai menghadiri Halalbihalal dan Rembug Petani Tebu Nusantara di komplek Pabrik Gula Krebet, Kabupaten Malang, Selasa (25/7/2017).

Pria yang biasa disapa Gus Ipul itu lantas mengungkapkan keinginan para kiai. Para kiai ingin kader NU berbagi tugas, ada yang di legislatif, eksekutif, bahkan di posisi menteri seperti yang dijabat Khofifah saat ini.

“Memang para kiai itu awalnya ingin supaya bisa berbagi peran dan tugas. Ada yang di legislatif, ada yang di eksekutif, ada yang jadi menteri. Jadi inginnya berbagi tugas. Tapi kalau itu tidak bisa tidak apa–apa. Masyarakat bisa menilai, masyarakat juga akan menentukan pilihan dengan pertimbangan yang rasional,” terangnya.

Sementara itu, hingga kini Gus Ipul belum menentukan calon wakil gubernur yang akan mendampinginya dalam Pilkada Jawa Timur 2018 mendatang. Ia mengaku masih memantapkan pencalonannya yang sudah pasti diusung oleh PKB.

“Kalau untuk calon wakil gubernur sampai sekarang belum pernah ada pembahasan. Nanti itu akan dibahas dengan PKB dan partai pendukung yang lain. Jadi pada saatnya akan bicara. Sekarang masih memantapkan pencalonan saya dengan PKB dan juga dengan partai-partai lain,” imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gus Ipul sudah memastikan diri maju sebagai calon gubernur Jawa Timur melalui PKB. Saat ini ia terus menjalin komunikasi dengan partai lain untuk turut mengusungnya.

Di sisi lain, muncul kader NU yang lain, yakni Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Gus Ipul dan Khofifah yang sama–sama kader NU menjadi figur terkuat menghadapi Pilkada Jawa Timur.

Namun Khofifah belum terang–terangan mengungkapkan keinginannya untuk maju sebagai calon gubernur di Jawa Timur.

https://regional.kompas.com/read/2017/07/25/21473801/gus-ipul--warga-nu-sudah-terbiasa-menghadapi-dua-pilihan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke