Salin Artikel

Tersambar Kereta Api, Pengendara Motor ini Lolos dari Maut

Korban yang diketahui bernama Wardoyo (27) tersebut diduga terserempet KA setelah berusaha menerobos palang pintu perlintasan.

Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko mengatakan, insiden tersebut terjadi sekitar pukul 05.00 WIB. Korban yang saat itu tengah mengendarai sepeda motor R-5999 F tersebut tidak mengindahkan rambu dan palang pintu yang telah tertutup.

“Masinis sudah memberikan semboyan 35 dan palang pintu perlintasan sudah tertutup, tapi pengendara motor ini tetap menerobos, hingga akhirnya tertemper kereta yang melintas,” katanya.

Mengetahui ada seseorang yang tersambar, masinis dan Polisi Khusus Kereta (Polsuska) kemudian menghubungi petugas setempat untuk mengecek keadaan korban.

“Beruntung korban hanya mengalami cidera di punggung dan dilarikan ke Puskesmas terdekat, sementara sepeda motor yang dikendarainya ringsek,” ujarnya.

Atas kejadian itu, Ixfan mengimbau kepada masyarakat untuk tertib menaati rambu dan palang pintu di setiap perlintasan. Sebab, di Banyumas sendiri, kesadaran masyarakat tentang standar keselamatan di perlintasan sebidang masih sangat rendah.

“Sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, setiap pemakai jalan raya yang hendak melintas jalan kereta api wajib mendahulukan kereta api. Dan palang pintu perlintasan bukan alat pengamanan utama, tetapi hanya alat bantu untuk mengamankan perjalanan kereta api,” tegasnya.

https://regional.kompas.com/read/2017/07/19/16174951/tersambar-kereta-api-pengendara-motor-ini-lolos-dari-maut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke