Salin Artikel

Survei SMRC: Ridwan Kamil Kalahkan Deddy Mizwar

"Dalam pertanyaan top of mind, jawaban yang paling banyak dipilih adalah Ridwan Kamil," ujar Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam konferensi pers di kantornya, Kamis (13/7/2017).

Dalam pertanyaan terbuka, yakni "seandainya pilkada Jabar dilakukan hari ini, siapa sosok yang akan dipilih?" sebanyak 13,1 persen responden memilih nama Wali Kota Bandung tersebut.

Sementara itu, 3,4 persen responden memilih Wali Kota Purwakarta Dedi Mulyadi.

Adapun sosok selanjutnya yang dipilih responden berturut-turut adalah Deddy Mizwar dengan 2,3 persen, Ahmad Heryawan dengan 1,7 persen, Uu Ruzhanul Ulum dengan 1,3 persen, dan Abdullah Gymnastiar atau Aa gym dengan 1,1 persen.

Fakta mencolok, sebanyak 74,5 persen responden menjawab tidak tahu, tidak menjawab, dan rahasia.

"Angka ini sangat mencolok, masih banyak pemilih yang belum tahu siapa yang akan dipilih secara spontan," ujar Deni.

SMRC juga mengajukan pertanyaan semi terbuka kepada responden. Peneliti mengajukan 28 nama sosok calon pemimpin di Pilkada Jabar 2018.

Responden diminta memilih satu di antaranya sebagai yang akan dipilih sebagai Gubernur Jawa Barat. Ternyata, hasilnya sama saja.

Sebanyak 31,4 persen responden memilih sosok Ridwan Kamil. Urutan kedua terpaut jauh, yakni Deddy Mizwar dengan 13,0 persen dan urutan ketiga Dedi Mulyadi dengan 12,3 persen.

Adapun pada urutan selanjutnya, yakni Dede Yusuf dengan 8,3 persen, Abdullah Gymanstiar dengan 7,5 persen, dan Desi Ratnasari dengan 3,1 persen.

Demi menguji konsistensi jawaban, SMRC kemudian kembali mengajukan pertanyaan sama, namun hanya disodorkan delapan nama sosok, yakni Ridwan Kamil, Deddy Mizwar, Dedi mulyadi, Dede Yusuf, Abdullah Gymanstiar, Desy Ratnasari, Uu Rizhanul Ulum dan Rieke Dyah Pitaloka. Hasilnya pun sama saja.

Nama Wali Kota Bandung yang akrab disapa Kang Emil itu masih memuncaki survei dengan dipilih oleh 35,5 persen responden.

Adapun pada urutan kedua ditempati oleh Deddy Mizwar dengan 15,6 persen dan urutan ketiga yakni Dedi Mulyadi dengan 13,6 persen. Bahkan, ketika SMRC hanya menyodorkan dua nama, yakni Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar, responden juga masih memilih nama Ridwan.

Ridwan dipilih 49,5 persen responden. Adapun Deddy dipilih oleh 36,8 persen responden.

"Ketika ditanya alasan memilih Ridwan Kamil, kami menemukan alasan yang cukup rasional. Misalnya Ridwan dinilai memiliki bukti nyata dalam kerja, berpengalaman dalam pemerintahan dan perhatian pada rakyat," ujar Deni.

https://regional.kompas.com/read/2017/07/13/15311831/survei-smrc--ridwan-kamil-kalahkan-deddy-mizwar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke