Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Jumlah Korban Pembunuhan KKB di Nduga Papua, Ini Kata TNI

Kompas.com - 05/12/2018, 16:28 WIB
Kontributor Wamena, John Roy Purba,
Khairina

Tim Redaksi


JAYAPURA, KOMPAS.com - Jumlah korban pembunuhan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua sampai saat ini masih simpang siur.

Diberitakan sebelumnya, 31 orang diduga menjadi korban pembunuhan yang dilakukan KKB terhadap para pekerja pembangunan jembatan Jalan Trans Papua di Distrik Yigi.

Namun, 4 orang berhasil menyelamatkan diri saat hendak dieksekusi menggunakan timah panas dan kini telah dievakuasi ke Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya. Mereka menjelaskan, jumlah pekerja saat itu mencapai 25 orang.

Dari 25 orang itu, 4 orang berhasil kabur, 2 masih dinyatakan hilang, dan 19 dipastikan oleh saksi korban meninggal dunia.

Baca juga: 6 Fakta Pembantaian Pekerja di Nduga Papua, Instruksi Jokowi hingga Dalang Penembakan


Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih Kolonel Inf. Muhamad Aidi menjelaskan, munculnya jumlah korban mencapai 31 orang atas dasar laporan seorang pendeta di Yigi yang menjelaskan terjadi kasus pembunuhan di sana.

“Jadi laporan awal yang kami terima dari seorang pendeta di Yigi, ada 8 orang yang mengungsi ke salah satu rumah keluarga anggota DPRD setempat, yang kemudian dilaporkan dieksekusi sebanyak 7 orang dan 1 berhasil melarikan diri,” katanya, Rabu (5/12/2018).

Terkait laporan pendeta ini, lanjut Aidi, saksi korban sama sekali tidak mengetahuinya.

“Jadi saksi korban hanya tahu tentang apa yang dialaminya bersama korban lainnya. Untuk 8 korban itu, sampai saat ini kami juga belum bisa mengkonfirmasinya,” jelasnya.

Hanya saja, jelas Aidi, saksi korban Jimmi Aritonang menjelaskan kepada aparat penegak hukum, terdapat 25 orang yang dikumpulkan dari kamp pembangunan jembatan dan kemudian dibawa ke Puncak Kabo.

Di Puncak Kabo, para pekerja ini ditembak, namun di antara mereka berhasil menyelamatkan diri dengan pura-pura mati.

“Jadi ada 4 orang berhasil menyelamatkan diri dan saat ini mereka sudah kami evakuasi. Lalu 2 orang masih dikabarkan hilang. Sedangkan 19 orang lainnya, menurut saksi korban dipastikan meninggal dunia,” tukasnya.

Kompas TV Kekerasan kembali terjadi di tanah Papua. Sebanyak 31 pekerja pembangunan jalan Trans-papua dikabarkan tewas ditembak. Aparat keamanan pun telah diturunkan ke kawasan tersebut.<br /> <br /> Bagaimana penanganan aparat terhadap insiden ini? Kenapa penyerangan oleh kelompok bersenjata masih terus terjadi di Papua? Kami membahasnya bersama Kadiv Humas Polri, Brigjen Mohammad Iqbal, dan Tokoh Papua, Yorrys Raweyai.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com