Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Getaran Tektonik Kawah Sileri Nihil, Radius Aman Masih 100 Meter

Kompas.com - 03/07/2017, 20:49 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Hingga Senin (3/7/2017) petang, aktivitas getaran di Kawah Sileri, Desa Kepakisan, kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah terpantau nihil.

Seismograf yang berada di pos pantau Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Dieng, sudah tak menunjukkan sinyal gerakan yang berarti.

Kepala Pos Pantau Gunung Api PVMBG Dieng, Surip mengatakan, meski sudah tak ada gerakan, pihaknya belum menarik rekomendasi radius 100 meter di sekitar lokasi kawah Sileri.

"Belum kami tarik, masih 100 meter, dan tim kami masih terus melakukan pantauan manual terkait gas dan suhu kawah secara periodik setiap enam jam sekali," ucapnya.

(Baca juga: Gempa Tektonik Lokal Masih Terjadi Pasca-Semburan Lumpur Kawah Sileri)

 

Surip mengungkapkan, hambatan yang saat ini dihadapi oleh tim-nya yakni rusaknya sejumlah peralatan untuk pemantauan kondisi kawah Sileri secara real time. "Multi gas reader dan alat pemantau suhu di Sileri sudah rusak, tadi baru saja diangkat dari dalam kawah," tuturnya.

Kompas TV Kawasan Kawah Sileri dikabarkan meletus.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com