Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rombongan Obama Bolak-balik Nikmati Mi Lethek

Kompas.com - 29/06/2017, 15:41 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Setelah mengunjungi Puncak Becici, mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarga mengunjungi Restoran Bumi Langit di Imogiri, Bantul, Yogyakarta, untuk bersantap siang, Kamis (29/6/2017).

Dari Pantauan Kompas.com, rombongan tiba sekitar pukul 11.20 WIB. Warga dan wartawan hanya diperbolehkan memantau dari luar dengan jarak 50 meter. Setelah makan, iring-iringan rombongan keluar dari restoran menuju Hotel Tentrem melewati Jalan Imogiri.

Pemilik restoran, Iskandar Woworuntu mengaku baru diberitahu pihak Obama tadi pagi. Tanpa persiapan, pihaknya menyajikan makanan yang memang biasa disajikan restoran yang mengusung konsep alam tersebut.

Makanan yang disajikan yakni urap Bali, sop ikan gurami, mi letek goreng, dan sambal terong, serta makanan lainnya.

(Baca juga: Cerita Obama Asyik Diskusi dengan Putri Sulungnya di Candi Prambanan)

Sedangkan minuman yang disajikan berupa minuman fermentasi, campuran mint dan serai serta susu yang difermentasi dan dicampur buah murbai yang ditanam Restoran Bumi Langit.

"Kelihatannya paling banyak yang bolak-balik didatengi mi lethek, mi-nya orang Bantul. Kita belinya dari Srandakan. Kalau orang tau mienya digiling pakai sapi, itu kan mengagumkan untuk orang seperti mereka," ucapnya. 

Mi lethek, sambung Iskandar, terbuat dari tepung tapioka dan gaplek yang diolah secara tradisional dan digiling menggunakan sapi. Mi dibuat tanpa pewarna makanan dan bahan kimia lainnya.

Karenanya, warna mi yang mirip soun ini agak kusam.

"Total makanan yang harus dibayar rombongan Obama yang berjumlah 12 orang sekitar Rp 4 juta. Komentar dia seneng sekali," pungkasnya. 

(Baca juga: Obama Tiba di Puncak Becici, Pengunjung Teriak Sate dan Bakso)

 

Kompas TV Obama Lanjut Liburan ke Yogyakarta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com