Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Alhamdulillah Bisa Lihat Obama Langsung..."

Kompas.com - 29/06/2017, 12:42 WIB
Kontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Bermacam-macam aksi para pengunjung Candi Prambanan ketika mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama tiba di Candi Prambanan, Kamis (29/6/2017).

Para pengunjung mencoba mendekati Obama yang berjalan kaki dari kompleks candi induk menuju mobilnya. Mereka melambaikan tangan ke arah Obama untuk mencuri perhatiannya.

Tak hanya itu, ada pula pengunjung yang berteriak memanggil-manggil Obama dari kejauhan. Teriakan itu memancing perhaatian Obama.

Meski dijaga ketat aparat keamanan, pengunjung tetap bergerak menuju pintu sebelah selatan yang menjadi tempat keluarnya Obama. Aparat keamanan yang kalah jumlah harus bekerja keras membendung antusiasme pengunjung.

Para pengunjung, terutama kaum hawa, kembali meneriakkan nama Obama ketika mobil presiden ke-44 AS itu melintas di hadapan mereka.

Obama yang menaiki Land Cruiser hitam itu pun langsung membalas teriakan pengunjung dengan melambaikan tangannya. Salah satu pengunjung langsung bersyukur dan antusias dengan lambaian tangan Obama tersebut.

"Alhamdulillah, bisa melihat Obama langsung," kata Arminiati, salah satu pengunjung wanita yang berasal Klaten, Kamis (29/6/2017).

(Baca juga: Saat Obama Kaget di Candi Borobudur...)

Pemandu Obama yang juga arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY, Manggar Sari Ayuwati, mengatakan, Obama merupakan orang yang sangat ramah. Menurut dia, Obama juga sempat melambaikan tangan ke arah pengunjung yang berada di sebelah utara kawasan pemugaran Candi Pewara.

"Waktu itu saya ajak ke lokasi pemugaran. Pengunjung yang melihat senang sekali dengannya. Lalu saya bilang mereka penggemar Anda dan dia senang dengan sikap pengunjung itu," kata Manggar.

Obama beserta keluarga tiba di Candi Prambanan, Kamis (29/6/2017) tepat pukul 09.10 WIB. Kedatangannya ke Candi Prambanan merupakan rangkaian kegiatan Obama selama berlibur di DI Yogyakarta.

Obama terlihat mengenakan kaus biru donker dan celana panjang putih. Dikawal pasukan pengamanan presiden (paspampres) dan Secret Service, Ia bersama rombongan berjalan kaki memasuki kawasan candi induk melalui pintu sebelah selatan.

(Baca juga: Di Prambanan, Obama Akan Ditantang Memanah dengan Gaya Mataram)

Pantauan Kompas.com, Obama langsung masuk ke dalam Candi Shiwa. Candi Shiwa merupakan candi tertinggi dan terbesar di komplek candi induk. Ia masuk ke Candi itu bersama anak dan istrinya sekitar 15 menit.

Sebelumnya Obama mengunjungi Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Rabu (28/6/2017) sore. Di DIY dia menginap di Hotel Tentrem. Presiden Amerika Serikat ke-44 itu berlibur ke sejumlah lokasi wisata di DIY dan Jateng selama tiga hari mulai 28 Juni 2017 sampai 30 Juni 2017.

Setelah berkunjung ke Candi Prambanan, Obama dan rombongan bergerak menuju Puncak Becici, Dlongo, Bantul, sekitar pukul 10.20 WIB.

 

Kompas TV Setelah menghabiskan waktu berlibur di Bali, Barack Obama dan keluarga tiba di Yogyakarta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com