Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Bakal ke Candi Prambanan, Pengunjung Dilarang Masuk Candi Induk

Kompas.com - 29/06/2017, 08:05 WIB
Kontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Aparat kepolisian, TNI, dan pasukan pengamanan presiden (Paspampres) mulai mengamankan kompleks Candi Prambanan, Kamis (29/6/2017).

Pantauan Kompas.com, aparat kepolisian dan TNI terlihat berjaga di luar candi induk. Sebelum berjaga, mereka sempat apel di taman Komplek Candi prambanan.

Pasukan pengamanan presiden sudah berjaga di area candi induk. Mereka terlihat mengenakan pakaian batik dan celana hitan.

"Sterilisasi sudah dimulai sejak pukul 03.00 WIB," kata seorang satpam, Epria Angga, ketika berbincang dengan Kompas.com.

Menurut Epria, sterilisasi itu berkaitan dengan rencana kedatangan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke candi yang dibangun pada abad ke-12 pada hari ini. Namun dia tak mengetahui soal kepastian waktu kedatangan Obama ke Candi Prambanan itu.

"Saya kurang tahu jamnya," kata Epria.

(Baca juga: Saat Obama Kaget di Candi Borobudur...)

Dia menyebutkan, pengunjung tak diperkenankan masuk ke komplek candi induk ketika Obama datang. Menurut dia, pengunjung boleh masuk setelah Obama meninggalkan komplek candi induk.

"Nanti Obama juga masuk lewat pintu khusus," kata Epria.

Kawasan candi induk sempat ditutup selama beberapa jam. Pengunjung yang datang pagi itu tidak boleh masuk hingga pukul 07.30 WIB.

Meski pintu utama masuk telah dibuka, pengunjung tetap tak boleh mendekati candi utama. Pengunjung hanya bisa berkeliling ditumpukan batu di komplek candi utama. Mereka pun hanya terlihat melakukanswafoto karena belum diperkenankan masuk ke kawasan candi induk. 

 

Kompas TV Setelah menghabiskan waktu berlibur di Bali, Barack Obama dan keluarga tiba di Yogyakarta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com