Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Aparat Ditarik dari Puncak Becici Yogyakarta

Kompas.com - 28/06/2017, 16:10 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian aparat keamanan mulai ditarik dari Puncak Becici, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Rabu (28/6/2017) siang. Namun belum bisa dipastikan, apakah penarikan ini berkaitan dengan kunjungan Barack Obama atau bukan.

"Banyak intel yang meninggalkan lokasi," ujar Ketua Operator Kawasan Puncak Becici, Sugandi, Rabu (28/6/2017).

Meski demikian, sejumlah polisi dan aparat TNI masih tampak berada di lokasi. Pagi tadi, puluhan aparat Kodim 0729 Bantul, Koramil Dlingo, Polsek Dlingo dan sejumlah intel tengah bersiaga.

"Sudah banyak petugas, tetapi belum mengetahui apakah jadi atau tidaknya kunjungan (Obama) ke sini," tuturnya.

(Baca juga: Berlibur di Yogyakarta, Obama Akan Kunjungi Puncak Becici Dlingo)

Sebelumnya, tepatnya Senin (26/6/2017), delapan orang tim survei dari luar negeri mengecek lokasi. Saat itu, ia tidak berada di lokasi dan diberi tahu teman-teman petugas.

"Dari sopir yang mengangkut delapan orang londo (warga asing) katanya survei kunjungan Obama," imbuhnya.

Sugandi mengaku bersyukur, wacana kedatangan Obama ke Puncak Becici akan membuat obyek wisata yang dikelola masyarakat 2,5 tahun terakhir ini akan makin terkenal. Pengelola juga mengharapkan Puncak Becici Dlingo semakin mendunia.

"Alhamdullilah jika terealisasi," ucapnya.

(Baca juga: Keindahan Puncak Becici, Lokasi yang Diminati Obama)

 

Dihubungi terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengakui, Puncak Becici salah satu lokasi wisata yang diminati Obama.

"Informasinya tujuan utama Obama ke Borobudur dan Prambanan, namun bisa jadi ke Becici. Karena Becici salah satu obyek (wisata) yang kabarnya diminati Obama," katanya.

Perlu diketahui saat ini Obama dan rombongan sudah berada di Yogyakarta. Dia menginap di salah satu hotel di Jalan AM Sangaji, Yogyakarta. 

Kompas TV Barack Obama dan Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak dijadwalkan bertemu di sela masa liburan keduanya di Bali.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com