Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pola Pengamanan Obama di DIY dan Jateng Sama Seperti Presiden"

Kompas.com - 28/06/2017, 12:18 WIB
Kontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama direncanakan datang ke DI Yogyakarta pada 28 Juni 2017. Kedatangannya untuk berlibur bersama keluarganya setelah menyambangi Bali selama beberapa hari.

Komandan Korem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Fajar Setiawan mengatakan, pola pengamanan Obama layaknya kepala negara meski agendanya hanya untuk liburan. Sebab, kata dia, Obama merupakan tamu negara meski tak lagi menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat.

"Pola pengamanannya sama seperti presiden, karena pengamanan tamu VVIP itu juga ada ketentuan mainnya," ujar Fajar seusai apel pasukan pengamanan kedatangan Obama di Alun-alun Utara, Kota Yogyakarta, Rabu (28/6/2017).

Namun, sambung Fajar, pihaknya tak akan menutup lokasi-lokasi yang bakal dikunjungi Obama ketika berlibur di DIY dan Jateng. Pihaknya masih memberikan kesempatan kepada masyarakat umum untuk menikmati masa libur Lebaran 1438 Hijriah.

(Baca juga: Ini Foto-foto Obama Berlibur di Bali, dari Rafting hingga Jalan-jalan di Sawah)

 

"Tapi kami tidak mentolelir hambatan dan gangguan liburan tamu VVIP. Sudah saya perintahkan kepada anggota untuk tidak ragu bertindak secara profesional dan proporsional tetapi juga hindari tindakan negatif yang merusak citra TNI-Polri," ucap Fajar.

Fajar mengatakan, pihaknya juga mewaspadai kehadiran kelompok yang tidak puas dan tidak senang terhadap Obama selama liburan di DIY dan Jateng. Tak dipungkiri, kelompok tersebut juga ada di Indonesia termasuk DIY.

(Baca juga: Berlibur di Yogyakarta, Obama Akan Kunjungi Puncak Becici Dlingo)

 

"Saya tekankan pengamanan ini harus disesuaikan dinamika di lapangan. Dan hal terpenting, tetap meningkatkan kewaspadaan sehinga bertindak cepat sesuai prosedur untuk antisipasi segala kemungkinan," ujar Fajar. 

Kompas TV Obama terkesan dengan keindahan Sungai Ayung.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com