Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenazah Ipda Anumerta Martua Akan Dilepas dengan Upacara Militer

Kompas.com - 26/06/2017, 15:39 WIB

PADANG SIDEMPUAN, KOMPAS.com - Ipda Anumerta Martua Sigalingging (sebelumnya Aiptu Martua) akan diberangkatkan menuju Indrapura Batubara untuk dimakamkan setelah rangkaian acara adat di Padang Sidempuan rampung, Senin (26/6/2017).

Pelepasan jenazah di rumah duka akan dilakukan dengan upacara kemiliteran. Rencananya, jenazah akan dibawa ke Indrapura Batubara sekitar pukul 21.00 WIB.

"Nanti setelah selesai upacara adat, kami akan lepas beliau dengan upacara kemiliteran dari depan Polres Tapsel," ujar Kapolres Tapsel AKBP M Iqbal yang mengantarkan jenazah kepada keluarga di Desa Silandit Kecamatan Padang Sidempuan Selatan, Jalan Abdul Gani Siregar, Senin pagi.

Iqbal mengatakan, jenazah Ipda Anumerta Martua Sigalingging tiba dari Medan sekitar jam 04.30 WIB di Polres Tapsel lalu tiba di rumah duka sekitar pukul 06.30 WIB.

(Baca juga: Gugur dalam Aksi Teror di Polda Sumut, Ini Sosok Aiptu Martua di Mata Rekannya)

Upacara adat diperkirakan memakan waktu sekitar 12 jam. Lalu pada pukul 18.00 WIB, jajaran Polres akan menjemput kembali jenazah untuk dibawa ke Polres Tapsel.

Di halaman Polres Tapsel di Jalan Sisingamangaraja Padang Sidempuan itulah upacara militer akan digelar pada pukul 20.00 WIB sebelum jenazah akan dibawa menuju kampung halaman.

Sebelumnya, kedatangan jenazah Ipda Anumerta Martua Sigalingging tiba di rumah duka di Jalan Abdul Gani Siregar di Desa Silandit, Kecamatan Padang Sidempuan Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan, dengan diiringi hujan gerimis.

(Baca juga: Kronologi Penyerangan Markas Polda Sumut oleh 2 Terduga Teroris)

Iring-iringan mobil ambulans yang membawanya sedikit kesulitan melewati jalan tanah yang bergelombang dan becek karena hujan.

Saat tiba, sirine ambulans yang membawa jenazah itu langsung tergantikan oleh isak tangis kerabat keluarga. Mianna Manalu (48) serta 9 anaknya yang telah menunggu sejak kemarin sore tak dapat lagi menahan air mata, ratapan dan isak tangis.


Berita ini telah tayang di Tribun Medan, Senin (26/6/2017), dengan judul: Upacara Militer Iringi Pengebumian Anumerta Ipda Martua Sigalingging dan Isak Tangis dan Ratapan Mendadak Pecah Sambut Tibanya Jenazah Aiptu Martua Sigalingging

 

 

 

Kompas TV Pasca Penyerangan Mapolda Sumut Perketat Keamanan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com