Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Minta Polisi Tangkap Semua Teroris di Sumut

Kompas.com - 26/06/2017, 12:51 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi mengaku sangat prihatin dan mengutuk keras penyerangan markas Polda Sumut tepat pada hari kemenangan Idul Fitri 1438 Hijriah, Minggu (25/6/2017).

Dia menyakini, Kepolisian dapat mengungkap kasus ini dan minta seluruh jajaran pemerintah daerah sigap memeriksa lingkungan masing-masing.

Erry juga menghimbau seluruh warganya bersama pemerintah daerah untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Pak Kapolda (Irjen Rycko Amelza Dahniel), bongkar sampai ke akar, tangkap semua jaringannya. Ancaman bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Kita tidak tahu bagaimana pergerakan teroris, makanya Pemda, kepolisian dan TNI bersama masyarakat harus siap. Kami tidak mau Sumut dan Medan tercemar aksi-aksi terorisme," kata Erry, Senin (26/6/2017).

(Baca: Kronologi Penyerangan Markas Polda Sumut oleh 2 Terduga Teroris)

Erry mengingatkan supaya masyarakat tidak mudah terpancing isu-isu menyesatkan dan memancing pecahnya keributan di provinsi 'berbilang kaum' ini.

Semua pihak harus terus menjaga suasana toleransi dan kondusif yang sudah terbangun.

"Jaga persatuan dan kesatuan, laporkan kalau ada aktifitas mencurigakan di lingkungan masing-masing," ucapnya.

(baca: Polisi Tetapkan 5 Tersangka Penyerangan Markas Polda Sumut)

Sementara itu, Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Prof Saidurahman mengajak umat Islam untuk terus meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Keragaman budaya dan agama dalam masyarakat hendaknya melahirkan sikap saling menghargai, lalu bekerja sama dalam pembangunan.

“Nilai-nilai keunggulan yang sejati tidak berdasarkan egoisme daerah, ras, warna kulit, ragam suku dan bahasa. Namun, pada kemampuan mengeksplorasi nilai-nilai ketaqwaan," ucap Saidurahman.

"Perbedaan cara pandang dan pilihan harus berganti dengan semangat untuk memajukan bangsa dengan pilar kehidupan yang bermartabat dan beradab. Inilah salah satu sasaran ibadah puasa, kita diajarkan untuk memegang teguh persaudaraan," tambah dia.

Siskamling

Setelah penyerangan Polda Sumut, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menghimbau seluruh camat, lurah dan kepala lingkungan untuk lebih peduli dengan keamanan lingkungan di wilayah tugasnya masing-masing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com