Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival 999 Beduk Meriahkan Malam Takbiran di Purwakarta

Kompas.com - 24/06/2017, 21:24 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Parade ratusan beduk meramaikan malam takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri di Kabupaten Purwakarta pada Sabtu (24/6/2017).

Meskipun ada imbauan agar tidak melaksanakan takbir di jalan raya, warga daerah yang terkenal dengan falsafah pembangunan ala Sunda ini tetap melaksanakan kegiatan rutin tiap malam takbiran ini.

Baca: Komisi Fatwa MUI Berharap Malam Takbir Berlangsung Aman dan Tertib

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, tradisi sambut Idul Fitri dengan menggelar Festival beduk sudah berlangsung sejak sepuluh tahun lalu.

Malam ini, sebanyak 999 beduk akan bergema di sepanjang Jalan KK Singawinata, pusat kota Purwakarta.

"Ini sudah tradisi yang sudah melegenda dalam rangka menyambut fajar 1 Syawal setiap tahun. Kami sudah melakukannya sejak 10 Tahun lalu. Setiap tahunnya selalu meriah dan warga bisa tertib mengikutinya," jelas Dedi.

Persiapan acara ini telah dilakukan sejak jauh hari meliputi sosialisasi kepada kantor pemerintah, instansi swasta, kantor BUMN dan BUMD serta seluruh komunitas di Purwakarta.

"Ini event berhadiah, jadi kita melombakan tabuhan beduk dari para peserta. Semua tim boleh ikut asal membawa beduk sendiri," ujar Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Heri Anwar.

Heri menambahkan, pihaknya telah menyiapkan berbagai kategori lomba tabuh beduk mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMN, BUMD, desa/kelurahan, dan komunitas warga masyarakat.

Baca: Polisi Imbau Takbir Keliling Diganti Kegiatan di Masjid

Dari setiap kategori nantinya akan dipilih juara sebanyak tiga orang untuk memperebutkan berbagai hadiah menarik.

"Masing-masing kategori itu harus memenuhi kriteria harmonisasi, dekorasi dan penampilan, kita saring nanti juaranya, kita juga sediakan hadiah hiburan," tambah Heri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com