Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Welcome to Bali, Pak Obama, Semoga Betah..."

Kompas.com - 24/06/2017, 09:25 WIB

GIANYAR, KOMPAS.com - Rombongan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama tiba di Hotel Four Seasons, Banjar Kutuh, Desa Sayan, Ubud, Gianyar, Jumat (23/6/2017) sekitar pukul 20.03 Wita.

Rombongan Obama dikawal aparat kepolisian secara ketat. Jalan Raya Sayan pun sempat ditutup sekitar lima menit. Namun demikian, aktivitas lalu lintas tidak sampai macet.

Kedatangan Obama juga disambut oleh warga setempat. Warga keluar rumah sambil melambai-lambaikan tangan pada iring-iringan kendaraan rombongan Obama.

"Welcome to Bali, Pak Obama. Semoga betah selama menginap di sini," teriak seorang warga sembari melambaikan tangan.

Dipilihnya Hotel Four Seasons ini sebagai tempat menginap Obama disambut gembira warga dan tokoh masyarakat Banjar Kutuh.

Mereka berharap hal ini dapat menaikkan popularitas penginapan-penginapan di kawasan Banjar Kutuh Sayan.

(Baca juga: Hanya 4 Orang Ini yang Bisa Langsung Sambut Obama Saat Tiba di Bali)

Kelian Adat Banjar Kutuh, I Ketut Parsa, saat ditemui di depan Hotel Four Seasons, Jumat malam mengatakan, pihaknya mengapresiasi Obama yang memilih kawasannya sebagai tempat menginap.

Kedatangan Obama diyakini akan berdampak positif terhadap pariwisata, khususnya wisatawan saat memilih hunian.

"Kami berharap menginapnya orang berpengaruh di negara adikuasa ini memberikan dampak positif terhadap hunian pariwisata di banjar kami," ujarnya.

Menurut dia, bila popularitas akomodasi pariwisata di banjarnya naik, dan menjadi favorit wisatawan yang mendatangi Ubud, secara otomatis akan meningkatkan perekonomian warga.

Sebab di Banjar Kutuh terdapat puluhan penginapan, vila dan hotel bintang lima yang dimiliki oleh warga setempat dan warga juga bekerja di akomodasi pariwisata itu.

"Di sini pusatnya hotel bintang lima, penginapan dan vila. Bila semua akomodasi ini penuh, otomatis akan mengubah perekonomian warga," ujar Parsa.

(Baca juga: Kenakan Kaus dan Celana Jins, Obama Tiba di Bali)

Parsa mengungkapkan, selama Obama menginap di Four Seasons, pihaknya mempersilakan petugas keamanan menggunakan bale banjar dan SD Negeri 1 Sayan sebagai posko secara gratis.

"Kami hanya menjaga kebersihan. Sebab banjar kami sedang menggiatkan lingkungan sampah plastik. Kami juga sangat berharap aparat juga dapat membantu menjaga kebersihan lingkungan," tandasnya.

Berita ini telah tayang di Tribun Bali, Jumat (23/6/2017), dengan judul: Warga Harap Kedatangan Obama Mampu Angkat Sisi Pariwisata Banjar Kutuh Ubud

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com