Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Akan Tiba, Pangdam Udayana Datangi Four Seasons Resort di Ubud

Kompas.com - 23/06/2017, 13:58 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

UBUD, KOMPAS.com - Jelang kedatangan mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Bali, Pangdam IX Udayana Mayjend TNI Komaruddin Simanjuntak mendatangi Four Seasons Resort di Desa Sayan, Ubud, Gianyar, Bali, Jumat (23/6/2017) siang.

Dia datang bersama rombongan dan langsung masuk ke dalam area resor. Setibanya, Komaruddin langsung memantau sejumlah titik. Namun, pihak hotel tidak memberi informasi kamar yang akan digunakan Obama untuk menginap.

"Saya tidak diberi tahu di mana kamarnya, hanya lihat-lihat ketinggian tempat tersebut lalu amankan," katanya setelah meninggalkan Four Seasons Resort.

Menurut dia, berbeda dengan saat kedatangan Raja Salman, yaitu hotel tempat menginap hanya diperuntukkan untuk Raja Salman dan rombongan, di Four Seasons Resort tidak dilakukan pengkhususan.

"Tadi ketemu manajernya, kami ketawa-ketawa saja, tidak ada penyampaian soal itu (pengosongan)," kata Komaruddin.

(Baca juga: Ini Perbedaan Perlakuan Kedatangan Raja Salman dan Obama di Bali)

Pengamanan terhadap Obama, lanjut dia, bersifat semi tertutup. Sebab saat ini Obama bukan lagi presiden aktif.

"Kalau masih aktif bisa lebih ketat dibandingkan saat Raja Salman datang. Biasanya 3 bulan sebelum datang mereka sudah tempatkan kapal perang di perairan kita," ujar Komaruddin.

Pantauan Kompas.com, TNI menyiapkan sebuah pos pengamanan VVIP tak jauh dari pintu masuk Four Seasons Resort. Pos pengamanan ini terletak di balai Banjar Kutub, Desa Sayan. Puluhan anggota TNI terlibat berjaga-jaga di tempat ini.

Obama tiba di Bali melalui Bandara International Ngurah Rai pada Jumat (23/6/2017). Selama di Bali dia akan menginap selama lima hari di Four Seasons Resort, Desa Sayan, Ubud, Gianyar Bali.

Tertutup

Komarudin mengatakan, sifat kedatangan Obama sangat tertutup. Bahkan beberapa jam sebelum kedatangan Obama di Bali belum ada format penjemputan secara khusus. Bahkan, menurut dia, dari Jakarta sempat ada permintaan tidak perlu dilakukan penjemputan.

"Soal nanti penjemputan belum ada persiapan, malah dari Jakarta diminta tidak usah dijemput saking tertutupnya," kata Komaruddin saat ditemui di Restoran Bebek Tepi Sawah, Ubud, Gianyar, Bali.

Walau demikian, pihaknya tetap bersiap jika memang harus melakukan penjemputan. Selain kedatangan yang bersifat tertutup, sejauh ini pihaknya belum mengetahui objek wisata saja yang akan dikunjungi Obama dan keluarga selama berada di Bali.

"Semuanya masih dirahasiakan, nanti kalau sudah sampai baru nanti saya informasikan ya," ungkapnya.

 

 

Kompas TV Aparat Gabungan Disiagakan Jelang Kedatangan Obama
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com