Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Berita Populer Nusantara: Cerita Duta Daftar Sekolah Pakai Uang Receh hingga Obama Akan Berlibur di Bali

Kompas.com - 23/06/2017, 08:19 WIB
Caroline Damanik

Penulis

KOMPAS.com - Sosok Eka Duta Prasetya (16) mendadak tenar setelah fotonya viral di media sosial. Dia menghitung uang receh yang akan dipakainya untuk mendaftar masuk Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Magelang.

Uang recehan itu adalah tabungannya sejak duduk di kelas VI SD. Akhirnya, dia bisa mendaftar masuk sekolah itu tanpa harus membayar karena pihak sekolah yang kagum akan jerih payahnya menolak uang dari Duta.

(Baca juga: Cara Cerdik KPK Saat Dilarang Masuk Rumah Pribadi Ridwan Mukti)

Sementara itu, dari Bali diberitakan, mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan tiba di Bali pada Jumat (23/6/2017) sore. Obama akan datang bersama keluarganya untuk berlibur selama enam hari.

Karena agenda ini bersifat pribadi, pihak Obama disebutkan berharap privasinya bisa terjaga selama berada di Bali.

(Baca juga: Cerita Korban Ledakan Pemusnahan Petasan, Dilarikan ke RS hingga Sembuh dari Encok

Berikut ini 5 berita terpopuler dari seantero Nusantara sepanjang hari kemarin yang tak boleh Anda lewatkan:

1. Gagalkan Pemerkosaan, Sertu Suratman Dapat Hadiah Sepeda Motor

Dok Pendam IV Diponegoro Anggota Babinsa Koramil 09 Karangreja Kodim 0702 Purbalingga Sersan Satu (Sertu) Suratman mendapatkan piagam penghargaan dan satu unit sepeda motor dari Komandan Korem 071/Wijaya Kusuma Kolonel Inf Suhardi, Rabu (21/6/2017).
Aksi heroik anggota Babinsa menyelamatkan gadis di bawah umur dari tindakan rudapaksa (pemerkosaan) empat pemuda di Purbalingga mendapatkan apresiasi dari pimpinan TNI.

Setelah mendapat banjir pujian dari masyarakat, anggota Babinsa Koramil 09 Karangreja Kodim 0702 Purbalingga bernama Sersan Satu (Sertu) Suratman tersebut, mendapatkan ucapan selamat dan piagam penghargaan dari orang nomor satu di Korem 071 Wijayakusuma.

Tak hanya itu, keberanian Sertu Suratman juga diganjar dengan hadiah satu unit sepeda motor keluaran terbaru. Hadiah diserahkan langsung Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Suhardi.

"Tindakan ini perlu mendapat perhatian bagi kita semua bahwa stabilitas keamanan yang ada di wilayah kita perlu kita atensi yang seksama," kata Suhardi, seperti dikutip dari siaran pers Penerangan Kodam IV Diponegoro, Rabu (21/6/2017).

Baca selengkapnya di sini
Baca juga: Aksi Heroik Sertu Ratman Selamatkan Siswi SMP dari Pemerkosaan


2. Penyebar Foto Duta yang Bayar Sekolah Pakai Uang Receh Sempat Tak Bisa Tidur

KOMPAS.com/Ika Fitriana Eka Duta Prasetya didampingi gurunya, Agung Dwi Lasmono (kanan) saat menabung di Bank BRI Payaman, Magelang, Rabu (21/6/2017).
Salah satu guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Magelang, Agung Dwi Lasmono, mengaku sempat merasa bersalah karena telah menyebarkan foto Eka Duta Prasetya (16) ke grup WhatsApp, Selasa (20/6/2017).

Foto Duta yang sedang membayar pendaftaran sekolah menggunakan uang koin itu langsung menyebar ke media sosial lainnya.

Perasaan bersalah Agung bukan tanpa alasan. Sebab, dia memotret dan membagikan foto Eka tanpa izin Duta, meskipun respon netizen sangat positif.

"Saya kaget luar biasa, foto Duta menyebar cepat di Facebook. Respon netizen memang bagus, tapi saya merasa bersalah. Jangan-jangan Duta tidak terima atau bagaimana. Semalaman saya tidak bisa tidur," kenang Agung, ditemui seusai mendampingi Duta di Bank BRI Unit Payaman, Magelang, Rabu (21/6/2017) sore.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com