Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kecelakaan Tunggal Terjadi, Waspada Saat Melintasi Jalur Darurat Pemalang-Grinsing

Kompas.com - 23/06/2017, 06:32 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Jalur darurat Pemalang - Gringsing, Batang, Jawa Tengah, yang dioperasikan selama arus mudik 2017 ini, telah memakan beberapa korban.

Berdasarkan informasi dari tim Basarnas Jawa Tengah yang berjaga di lokasi pada Kamis (22/6/17) kemarin, tercatat ada tiga kejadian pemudik yang mengalami masalah saat melintasi jalur darurat.

Menurut Humas Basarnas Jawa Tengah, Zulhawari, kejadian pertama menimpa pemudik Jakarta yang akan ke Klaten. Sang pengemudi, yang diduga mengantuk, tak mampu mengendalikan mobil Ertiganya sehingga keluar jalur dan terperosok.

Kejadian kedua, sebuah mobil Terios mengalami pecah ban depan kiri sehingga tak mampu melanjutkan perjalanan. Tim Basarnas pun membantu mengganti ban yang sobek tersebut.

Baca: Tol Darurat Brebes Timur-Pemalang-Batang Dibuka 24 Jam

Kejadian ketiga kembali sebuah mobil Terios mengalami pecah ban dan harus diganti bannya.

Sedangkan pantauan di Brexit, tim Posko Siaga Basarnas mengevakuasi sebuah mobil Terano yang dikemudikan Ega (46), warga Bekasi, yang hendak mudik ke Solo. Kendaraan tersebut mengalami kecelakaan tunggal, terbalik saat menghindari sebuah mobil yang terparkir di pinggir jalan tol di ruas KM 256.

"Alhamdulillah tidak ada korban nyawa dalam kejadian hari ini," ujarnya.

Zulhawari mengatakan, belum siapnya jalur darurat untuk dilewati secara normal ini harus menjadi kewaspadaan bagi para pemudik yang akan melintasi jalan tersebut.

Baca: Kualitas Tol Brebes Timur-Pemalang-Batang Dinilai Sangat Buruk

Jalan yang berkelok, naik turun, serta masih banyaknya kerikil yang bertebaran di jalan darurat berpotensi menimbulkan masalah bagi para pemudik yang melintasinya. 

Kompas Video Kompas.com - Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com dan Otomania.com kembali memantau perkembangan pembangunan Tol Brebes Menuju Pemalang. Tim akan menelusuri ruas Tol baru dari Brebes hingga Surabaya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com