Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat, 4 Pengunjung yang Terjebak 20 Jam di Cerobong PLTU Palabuhanratu

Kompas.com - 22/06/2017, 15:14 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Setelah terjebak hampir 20 jam di lift cerobong Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, akhirnya empat korban berhasil diselamatkan tim rescue gabungan, Kamis (22/6/2017).

Keempat korban ini terjebak di dalam lift lantai tujuh sejak Rabu (21/6/2017) sekitar pukul 10.00 WIB. Keempat korban adalah Ismail (25), karyawan PLTU Palabuhanratu, dan tiga pengunjung dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Saguling, yaitu Dadang (55), Agung (24) dan Rio (23).

"Keempat korban berhasil dikeluarkan satu persatu dari dalam lift lantai tujuh sekitar pukul 05.00 WIB. Keempatnya dievakuasi dengan diturunkan ke lantai enam," kata Komandan Pos SAR Basarnas Sukabumi, Aulia Sholihanto, Kamis siang.  

Sebelumnya, lanjut dia, tim rescue mencapai lokasi korban terjebak lift di lantai tujuh sekitar pukul 02.15 WIB. Berikutnya dorongan logistik berupa makanan dan minuman tiba di lantai tujuh sekitar pukul 03.00 WIB.

"Setelah seluruh korban dipastikan terisi terlebih dahulu perutnya baru dilakukan evakuasi dengan teknik penurunan menggunakan tali ke lantai di bawahnya, lantai enam," ujar dia.

(Baca juga: 7 Pengunjung Terjebak di Cerobong PLTU Palabuhanratu)

Aulia menjelaskan kronologis proses evakuasi keempat korban ini dimulai sekitar pukul 05.00 Wib dengan mengeluarkan korban dari dalam lift lantai tujuh. Berikutnya para korban diturunkan satu persatu ke lantai enam dan terus secara bertahap hingga akhirnya ke lantai dasar.

"Korban terakhir atau yang ke empat berhasil di evakuasi sampai lantai dasar sekitar pukul 09.30 WIB. Semua korban dalam kondisi selamat dan tidak ada korban jiwa," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan sebanyak tujuh orang terjebak di dalam lift di komplek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (21/6/2017) sekitar pukul 10.00 WIB.

Tiga korban terjebak di lantai empat dan empat korban di lantai tujuh. Tiga korban yang terjebak di dalam lift lantai empat  telah berhasil di evakuasi dalam kondisi selamat, Rabu (21/6/2017) malam.

(Baca juga: Tiga Korban Terjebak di Lift PLTU Palabuhanratu Bisa Diselamatkan)

Dengan berhasilnya dievakuasi keempat korban dari lantai tujuh, operasi penyelamatan tujuh orang terjebak di dalam lift cerobong  PLTU Palabuhanratu ditutup.

Operasi penyelamatan ini melibatkan sejumlah lembaga, di antaranya Basarnas Pos SAR Sukabumi, Polres Sukabumi, Polsek dan Koramil Palabuhanratu, BPBD Kabupaten Sukabumi, Pramuka Peduli, ACT, OCC, Vertical Rescue, RAPI dan PLTU Palabuhanratu.

 

 

Kompas TV Satu dari 34 proyek pembangkit listrik yang mangkrak berada di Maluku dan mendapat perhatian dari Presiden Joko Widodo. Besarnya nilai pembangunan proyek listrik yang mangrak ini membuat Presiden Joko Widodo prihatin. Besi-besi berkarat dan rumput liar yang tak terawat terlihat di Pembangkit Listrik Tenaga UAP di Desa Waai, Kabupaten Maluku Tengah, yang mangkrak, sejak tahun 2014 lalu. Dengan wajah serius Presiden Joko Widodo ditemani Menteri ESDM Ignasus Jonan, Gubernur Maluku Said Assegaf memperhatikan proyek litsrik ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com