Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemusnahan Petasan Timbulkan Ledakan, Belasan Rumah Warga Rusak

Kompas.com - 21/06/2017, 14:24 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

KEBUMEN, KOMPAS.com - Belasan kaca jendela dan plafon rumah warga di sekitar Dukuh Semelang, Desa Gemeksekti, Kebumen pecah akibat terkena imbas ledakan saat pemusnahan 287 kilogram barang bukti bahan pembuat petasan. Pemusnahan sendiri dilakukan oleh Polres Kebumen, Polda Jawa Tengah, Senin (19/6/2017) lalu.

Kasubbag Humas Kebumen AKP Willy Budiyanto mengatakan, ratusan kilogram bahan petasan tersebut merupakan barang bukti hasil sitaan selama Operasi Kepolisian Yang Ditingkatkan 2017.

Bahan petasan itu memang sengaja dimusnahkan dengan cara dibakar di suatu lokasi tambang batu cadas yang terletak di Desa Sumelang, Kebumen. Lokasi ini dianggap aman karena terdapat tanah lapang yang dikelilingi bukit cadas dan juga cukup jauh dari pemukiman warga.

“Petugas yang melaksanakan pemusnahan sama sekali tidak menduga akan timbul ledakan dan getaran yang cukup besar,” kata Willy saat dihubungi Kompas.com, Rabu (21/6/2017).

Baca juga: Karena Mercon, Suud Kehilangan Anak, Rumah, dan Jadi Tersangka

Menurut Willy, bahan-bahan peledak yang dimusnahkan tersebut tergolong low eksplosive seperti petasan pada umumnya. Obat petasan ini tidak bisa dimusnahkan hanya dengan menyiramnya dengan air atau menimbun di dalam tanah.

“Selain masih bisa meledak, bila dibuang sembarangan akan menimbulkan pencemaran lingkungan yang parah,” ujarnya.

Sebelum dimusnahkan, petugas yang melakukan demolisi sudah mengurai serbuk petasan dengan cara menyebarkan obat petasan di permukaan tanah. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi konsentrasi bubuk petasan sehingga diharpakan tidak meledak, tetapi hanya akan menimbulkan bunga api.

Namun, ternyata perhitungan petugas meleset, bubuk petasan yang masih terlalu tebal itu akhirnya menimbulkan ledakan yang cukup masif ketika dibakar.

Atas peristiwa tersebut, Kapolres Kebumen menyampaikan permintaan maaf kepada warga di sekitar lokasi pemusnahan petasan. Selain itu, dia berjanji akan mengganti semua kerugian yang dialami warga.

“Kami bersyukur tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya tercatat belasan rumah di sekitar lokasi yang mengalami rusak ringan,” ujarnya.

Untuk diketahui, pada Operasi Kepolisian Yang Ditingkatkan menjelang dan awal bulan Ramadan 2017, jajaran Polres Kebumen berhasil menyita ribuan petasan dan ratusan kilogram obat bahan petasan.

Secara simbolis pemusnahan barang bukti petasan tersebut telah dilaksanakan setelah Gelar Pasukan Operasi Ramadniya Candi 2017, Senin (19/6/2017) pagi, sedangkan sisanya dimusnahkan pada siang hari di Dukuh Semelang, Desa Gemeksekti, Kebumen.

Baca juga: Lagi, Polres Indramayu Sita 7 Juta Butir Petasan untuk Jakarta

Kompas TV Polisi menangkap komplotan peracik petasan di Probolinggo, Jawa Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com