Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kominfo DIY: Obama Akan Datang ke Yogyakarta Akhir Juni

Kompas.com - 19/06/2017, 16:41 WIB
Kontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Amerika Serikat (AS) ke-44, Barrack Obama, direncanakan datang ke DI Yogyakarta pada akhir Juni nanti.

Obama dijadwalkan bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

“Jadwal sementara kedatangan beliau ke sini itu masih belum pasti. Cuma kedatangannya ke Indonesia itu dijadwalkan 28-30 Juni,” kata Kabid Humas Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY, Amiarsi Harwani, ketika ditemui di kantor Kepatihan, Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta, Senin (19/6/2017).

Baca juga: Akhir Juni, Jokowi dan Obama Bertemu di Istana Bogor

Meski belum bisa memastikan jadwal pertemuan Obama dengan Sultan, ia memprediksi kedatangan mantan Presiden AS itu terjadi sebelum 29 Juni 2017. Sebab, setelah tanggal itu, Sultan memiliki agenda di luar kota selama beberapa hari.

“Kebetulan (Gubernur) pada 29 Juni 2017 sampai 2 Juli 2017 pergi ke Manado,” ujar Amiarsi.

Dikatakan Amiarsi, pertemuan Obama dengan Sultan bukan termasuk agenda kenegaraan. Menurutnya, kedatangan mantan orang nomor satu di AS itu ke DIY itu berkaitan dengan diaspora. Sebab, Sultan telah memberitahu acara diaspora pada akhir Juni itu sejak April 2017.

“Agendanya seperti kedatangan Presiden Ukraina waktu Juli tahun lalu juga. Jadi berbicara tentang masyarakat Jawa yang tinggal di luar negeri,” tutur Amiarsi.

Baca juga: Ke Jakarta, Obama akan Berbicara di Kongres Diaspora Indonesia

Untuk memastikan kedatangan Obama, Amiarsi mengatakan, bagian protokol kini sedang mengkonfirmasi ke Jakarta. Menurutnya, kepastian itu baru bisa diperoleh pada Selasa (20/6/2017) depan.

“Lokasi pertemuannya di mana juga belum fiks. Misalnya sudah fiks akan kami sampaikan ke teman-teman media,” kata Amiarsi.

Kompas TV Donald Trump Kaji Kembali Hubungan Kerjasama dengan Kuba
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com