Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Tim Polisi Dilarang Pulang Sebelum Tangkap Pembunuh Calon Pengantin

Kompas.com - 14/06/2017, 18:30 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Martinus Asworo (33), pelaku pembunuhan Chatarina Wiedyawati (30), calon istrinya, akhirnya ditangkap oleh Tim Rimau Polda Sumatera Selatan di Lampung setelah sekitar 1 bulan buron.

Asworo dilumpuhkan dengan timah panas saat ditangkap di rumah kos yang menjadi tempat persembunyiannya, Senin (12/6/2017). Setelah dibawa ke Mapolda Sumsel, Martinus langsung ditetapkan sebagai tersangka.

Dalam rilis yang digelar di Mapolda Sumsel, Rabu (14/6/2017), Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengapresiasi kinerja tim Rimau yang menangkap pelaku. Kasus ini termasuk pembunuhan sadis.

"Saya ucapkan terima kasih pada tim Rimau yang bisa menjadi kepercayaan menuntaskan kasus ini," tuturnya.

(Baca juga: Cinta Suci Calon Pengantin Berakhir Tragis di Tangan Kekasih)

Agung menuturkan, mengatakan, polisi sudah mengincar pelaku sejak lama. Akhirnya setelah sebulan buron setelah kejadian, pelaku pembunuhan Chatarina itu bisa ditangkap.

"Jadi, (sebelumnya) saya langsung memimpin rapat seminggu dua kali. Saya tekankan, bila tidak dapat jangan pulang. Tetapi, dengan dedikasi yang dilakukan anggota akhirnya tersangka ini berhasil ditangkap," ungkapnya.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Sumsel, Kombes Pol Prasetijo Utomo, mengatakan, berdasarkan laporan dari anggotanya di lapangan, Martinus diketahui kerap berpindah-pindah tempat untuk mengelabui polisi.

Dari hasil pemeriksaan sementara diketahui bahwa Asworo telah merencanakan perampokan dan pembunuhan terhadap calon istrinya itu.

(Baca juga: Ini Motif Sang Kekasih Membunuh Calon Pengantinnya)

Asworo kini ditahan dan terus diperiksa. Dalam penyidikan, polisi menggunakan sejumlah barang bukti, antara lain mobil Toyota Innova warna hitam, kunci stir yang digunakan tersangka Asworo saat membunuh Wiwid, serta baju yang digunakan Asworo.

"Tersangka dikenakan pasal 340 karena telah melakukan pembunuhan rencana terhadap calon istrinya, Chatarina," tutur Agung.


Berita ini telah tayang di Tribun Sumsel, Rabu (14/6/2017), dengan judul: Bunuh Calon Istri dengan Cara Sadis dan Berencana Ini yang Dirasakan Asworo Usai Membunuh

 

 

Kompas TV Remaja Putri Korban Pembunuhan di Cengkareng Ini Dimakamkan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com