Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Ambon, Puluhan Rumah Terendam

Kompas.com - 12/06/2017, 19:26 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON,KOMPAS.com - Kota Ambon kembali dilanda banjir menyusul hujan deras yang terjadi sejak Minggu malam hingga Senin (12/6/2017) siang.

Tidak ada laporan korban jiwa maupun korban luka dalam musibah ini, namun musibah banjir yang terjadi akibat meluapnya sejumlah sungai di kota Ambon itu menyebabkan puluhan rumah warga terendam.

Di kawasan Batu Merah Dalam, Kecamatan Sirimau misalnya, lebih dari 30 rumah warga terendam banjir. Kondisi itu memaksa warga terpaksa menyelamatkan diri dari rumah-rumah mereka ke tempat yang dianggap aman.

Setelah banjir surut, warga di kawasan itu kembali membersihkan rumah mereka dari sampah dan juga lumpur.

Selain di kawasan Batu Merah, sejumlah rumah warga di kawasan lainnya seperti di Waiheru, SKIP, Batu Gajah, Passo dan sejumlah kawasan lainnya juga ikut terendam banjir.

Tak hanya merendam permukiman warga, banjir juga sempat menggenangi sejumlah jalan utama di kota Ambon seperti di jalan Jenderal Sudirman, jalan Said Perintah, Jalan AY Patty, Jalan Sultan Hasanudin dan sejumlah kawasan lainnya.

(Baca juga: Rumah Sakit di Ambon Tergenang Banjir, Sejumlah Pesien Dievakuasi)

Di kawasan Waiheru dan di jalan jenderal Sudirman mislanya banjir yang terjadi menyebabkan kendaraan kesulitan untuk melewati dua kawasan itu, akibatnya arus lalu lintas sempat mengalami kemacetan.

Kepala BPBD Kota Ambon, Enrico Matitaputty, mengungkapkan, banjir yang terjadi di kota Ambon itu tersebar di sejumlah titik di lima kecamatan.

“Banjir terjadi di semua kecamatan di kota Ambon, namun sejauh ini belum ada laporan korban jiwa, saya juga belum terima laporan resmi soal adanya kerusakan tapi ada banyak rumah yang terendam,” katanya.

Dia mengimbau warga yang tinggal di bantaran sungai dan di lereng gunung agar tetap waspada mengingat hujan masih berpotensi mengguyur kota Ambon dalam beberapa hari ke depan.

“Kepada masyarakat kota Ambon kami mengimbau agar tetap wasapda dan selalu berhati-hati dengan potensi bencana. Kami meminta agar kalau kondisi semakin buruk bisa langsung melakukan evakuasi mandiri,” ungkapnya.

 

KOMPAS.com/Rahmat Rahman Patty Banjir rendam puluan rumah warga, di kawasan Batu Merah Kecamatan Sirimau Ambon Senin (12/6/2017)

 

 

Kompas TV Indonesia Timur Diprediksi Diguyur Hujan Intensitas Sedang
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com