Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermain di Dekat Rel, 4 Remaja Tewas Tertabrak Kereta Api di Bandung

Kompas.com - 09/06/2017, 22:10 WIB

BANDUNG, KOMPAS — Empat remaja tewas tertabrak kereta saat bermain di dekat rel kereta api di Jalan Laswi, Kelurahan Kacapiring, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Kamis (8/6/2017) sekitar pukul 05.00. Warga yang tinggal di bantaran rel kereta api butuh ruang terbuka untuk bermain dan beraktivitas.

Keempat korban adalah Bunga Hatta (14), Aldi Renaldi (15), Rizki (15), dan Julianda (14). Mereka tinggal berdekatan, tidak jauh dari lokasi kejadian, yakni di Jalan Kacapiring, Gang Warta, dan Gang Cinta Asih. Lokasi kejadian sekitar 50 meter dari Stasiun Cikudapateuh. Jenazah mereka dibawa ke RS Sartika Asih.

Menurut Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Bandung Komisaris Besar Hendro Pandowo, berdasarkan keterangan penjaga Stasiun Cikudapateuh, Jajang (46) dan Zaenal (41), setelah sahur, korban duduk-duduk di pinggir rel kereta api. Mereka tertabrak KA Turangga jurusan Surabaya-Bandung.

”Petugas sudah meneriaki, tetapi mereka tidak menyadari ada kereta api akan melintas,” kata Hendro di Polrestabes Bandung, Kamis.

(Baca juga: Terseret Arus di Batam, Jasad Bocah 2 Tahun Ditemukan 1 Km dari Rumah)

Pantauan Kompas, Kamis siang hingga sore hari, banyak anak-anak dan remaja bermain di rel kereta api. Mereka bermain layang-layang, berlari-larian, atau sekadar duduk-duduk. Saat sirene tanda kereta akan lewat berbunyi, mereka hanya pindah ke jalur rel yang tidak dilewati kereta api. Sesudah kereta api lewat, mereka kembali bermain.

”Mereka sudah kami ingatkan jangan bermain di sana, tetapi masih nekat,” ujar Gustaman, petugas pelintasan kereta api Jalan Laswi di posko jaganya.

Menurut Gustaman, setiap pagi seusai sahur, banyak anak-anak dan remaja yang bermain di area rel. Demikian juga sekitar pukul 21.00 hingga tengah malam.

”Orangtuanya tidak menegur. Mungkin karena hal ini dianggap sudah biasa,” ujarnya. (BKY)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 9 Juni 2017, di halaman 15 dengan judul "4 Remaja Tewas Tertabrak KA".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com