Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Amankan 4,5 Ton Beras Miskin Hasil Curian

Kompas.com - 08/06/2017, 21:34 WIB
Abdul Haq

Penulis

GOWA, KOMPAS.com - Aparat kepolisian di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan mengamankan beras miskin (raskin) hasil curian sebanyak 4,5 ton dalam kemasan 300 karung.

Raskin tersebut disita di salah satu gudang penyimpanan beras di Dusun Balinappang, Desa Bontoramba, Kecamatan Pallangga. 

"Beras tersebut mestinya langsung disalurkan ke sejumlah desa tapi ini malah dibongkar di gudang kemudian dicuri menggunakan pipa," kata AKBP Aris Bachtiar, Kepala Polres Gowa, Kamis, (8/6/2017).

(Baca juga: Korupsi Raskin, Dua Kepala Desa Dipecat)

Polisi kemudian menyita raskin sebanyak 300 karung berisi 15 kilogram dengan jumlah total 4,5 ton. Selain mengamankan ratusan karung beras, polisi juga menyita tiga unit truk serta dua pipa paralon yang digunakan untuk mengeluarkan beras dari dalam karung.

Sementara pemilik gudang serta sejumlah pelaku masih dalam proses pemeriksaan aparat kepolisian. "Saat ini kami belum menetapkan tersangka. Namun seluruh pihak yang terlibat sementara dalam proses pemeriksaan," tutur Aris.

(Baca juga: Temukan Raskin Jelek, Bupati Purbalingga Surati Presiden)

 

Aris mengungkapkan, penyitaan ini merupakan tindak lanjut dari Presiden Joko Widodo untuk mengantisipasi permainan kartel dan menekan kenaikan harga pangan selama bulan Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri.

Kompas TV Petugas menemukan beras berjamur serta berbau tidak sedap.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com