Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setya Novanto: Pilkada Jatim, Golkar Pilih yang Menang

Kompas.com - 02/06/2017, 20:31 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Setya Novanto hanya menjawab singkat soal calon yang akan didukung partai dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 mendatang.

Saat dikonfirmasi mengenai hal itu, Setya menjelaskan, pihaknya sampai saat ini memang masih belum memberikan dukungan kepada salah satu calon.

"Kalau Jatim 1, kami pilih yang menang saja. Pokoknya yang menang itu yang dipilih Golkar," ucap Setnov di sela acara safari Ramadhan Partai Golkar di Gresik, Jumat (2/6/2017).

Ketika ditanyakan kriteria yang mungkin apakah berasal dari internal Golkar atau figur lain yang sudah mendeklarasikan diri, Setya enggan menjawab.

"Nanti konsultasi lagi. Kami lihat lagi perkembangan. Nanti kami survei. Kami juga akan tanya ulama mana (calon) yang terbaik. Semuanya masih kami komunikasikan," ungkap dia.

(Baca juga: Diusulkan Jadi Cawagub Jatim, Ini Respons Anang Hermansyah)

"Penting juga yang harus dilihat, yang benar-benar (dekat) dengan masyarakat Jawa Timur, dapat memajukan Jawa Timur. (Kami akan tanya), khususnya ulama, karena di sini gudangnya ulama," tambahnya.

Safari Ramadhan

Dalam Safari Ramadhan Partai Golkar, Setya memulainya dengan mengunjungi Pondok Pesantren Nurul Quran Al Istiqomah, di Desa Sukorejo, Kecamatan Bungah, Gresik. Selain para pimpinan Golkar Gresik dan Jawa Timur, acara ini juga dihadiri para petinggi pusat partai beringin tersebut.

"Tentu kami akan keliling terus, setiap hari keliling, ke seluruh Indonesia. Dalam waktu dekat setelah ini di Jawa Timur, Magetan. Terus lanjut ke Jawa Tengah dan Jawa Barat," ungkap Setya.

Ketika ditanya soal pemilihan Gresik sebagai tempat pertama, Setya mengatakan, Gresik memiliki nilai sejarah sendiri.

"Karena Gresik ini sejarah buat saya. Jual-beli beras waktu saya jadi pembantu, jadi sopir di Surabaya. Itu kalau jual beras lewat Gresik dulu," ungkapnya.

Setya menambahkan bahwa pihaknya memang menjadikan Jawa Timur sebagai prioritas tanpa menjabarkan lebih rinci, termasuk menyangkut pemilihan kepala daerah dalam waktu dekat.

"Prioritas karena ini di Jawa Timur," pungkasnya.

 

 

Kompas TV Kandidat yang diunggulkan adalah Saifullah Yusuf, yang kini menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com