Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKL Siap Dukung Siapapun Calon Kepala Daerah di Jatim, Asalkan...

Kompas.com - 31/05/2017, 04:23 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) siap mendukung siapapun calon kepala daerah dari partai manapun yang akan berlaga di pilkada tahun depan, dengan satu syarat.

Syarat tersebut, kata Ketua Umum APKLI, Ali Mahsun, bersedia menandatangani kontrak politik tentang pembentukan peraturan daerah tentang pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (PKL).

"Syaratnya satu itu saja, susun perda pemberdayaan PKL," katanya saat menghadiri pertemuan pengurus APKLI se-Jawa Timur di Surabaya, Selasa (30/5/2017) malam.

Pilkada, baginya adalah pesta demokrasi bagi seluruh rakyat Indonesia. Secara lembaga, APKLI tidak akan ikut langsung.

"Namun secara personal, kami akan mendorong siapapun kontestan yang bersedia membangun komitmen untuk memberdayakan pedagang," jelasnya.

Pemberdayaan PKL, kata dia, adalah bukti bahwa negara serius melakukan pemberdayaan ekonomi kerakyatan, di tengah tata kelola perekonomian bangsa yang sedang dikendalikan pihak asing.

"Negara harus berdaulat secara ekonomi melalui pemberdayaan PKL," tegasnya.

Di Indonesia, PKL tercatat mencapai lebih dari 25 juta. Mereka tersebar di pasar-pasar modern dan tradisional, hingga di tempat keramaian seperti stasiun, terminal, dan lokasi wisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com