Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Berita Populer Nusantara: Di Balik Viralnya Foto 2 Mobil "Berebut" Jalur hingga Ibu Nuril yang Terjerat UU ITE karena Telepon Atasan

Kompas.com - 29/05/2017, 08:03 WIB

KOMPAS.com - Foto dua mobil yang berebut jalur viral di media sosial. Di dalam keterangan tertulis, keduanya berebut antre masuk pintu tol. Namun, ternyata tidak demikian adanya.

Berita konfirmasi Kompas.com kepada pihak pengelola tol di Makassar menjadi pilihan pembaca sepanjang hari kemarin.

Cerita tentang Desa Bleberan di Kecamatan Playen, Gunungkidul, juga menjadi pilihan pembaca. Mengapa?

Desa yang baru saja dianugerahi penghargaan sebagai Wisata Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada 13 Mei lalu ini ternyata memiliki masa lalu yang sulit. Kehilangan sumber mata air akibat gempa Jogja pada tahun 2006 silam membuat air bersih sulit didapatkan.

Warga desa pun bahu-membahu untuk mencari cara mengelola air, termasuk dengan menggunakan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

(Baca juga: Cerita Pemeriksa Rel Kereta Api, Jalan Kaki 16 Km Setiap Hari hingga Bisa Kuliahkan Anak ke ITS)

Selain itu, berita lama tentang nasib Ibu Nuril masih menjadi pilihan pembaca. Nuril ditetapkan menjadi terdakwa setelah dilaporkan atasannya dengan tuduhan menyebarkan rekaman telepon atasannya yang diduga mengandung unsur asusila.

Berikut ini 5 berita terpopuler dari seantero Nusantara sepanjang akhir pekan yang tak boleh Anda lewatkan:

1. Foto 2 Mobil Berebut Masuk di Pintu Tol Jadi Viral di Medsos, Ini Kejadian Sebenarnya

Screenshot akun Twitter @wandy_binyo Dua mobil tampak seperti sedang berebut masuk pintu tol di Makassar.
Sebuah foto dua mobil seperti berebut di pintu Tol Sesi IV Makassar menjadi viral di media sosial. Dua mobil tersebut dikira saling berebutan, tapi ternyata bukan.

Marcom PT Bosowa Marga Nusantara/PT Jalan Toll Seksi IV, Rahmat Akbar yang dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (27/5/2017), mengatakan, dua mobil yang berdempetan itu bukan terlibat kecelakaan lalu lintas atau saling rebutan masuk pintu tol.

Melainkan, salah satu mobil mengalami kerusakan pada rem sehingga menerobos dan memepet mobil yang sedang berada di pintu tol.

"Kejadiannya pada hari Kamis (25/5/2017) siang. Jadi bukan terlibat kecelakaan lalu lintas pada umumnya. Hanya sebuah insiden kecil, karena rem mobil Daihatsu Zebra blong dan menerobos ke samping mobil Honda CRV yang sedang di pintu tol dekat Bandara Internasional Sultan Hasanuddin," jelasnya.

Baca selengkapnya di sini
Baca juga: Viral Gambar HP Meledak di Tangki Motor, Ini Kata Kapolsek Purwosari


2. Dulu Kesulitan Air, Kini Bleberan Jadi Desa Wisata Berpendapatan Miliaran Rupiah

Kompas.com/Markus Yuwono pintu Masuk Desa Wisata Bleberan dan Bak Penampungan Air yang dikelola desa
Gempa besar pada 2006 telah merusak sejumlah daerah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tak terkecuali Desa Bleberan di Kecamatan Playen, Gunungkidul.

Setelah gempa 11 tahun silam, desa yang berjarak 45 dari Kota Yogyakarta tersebut kehilangan sejumlah mata air. Sebagian sumur tidak lagi menjadi sumber pasokan air.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com