Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Asal Sukabumi Ini Kecewa Namanya Dikaitkan dengan Teror Bom di Kampung Melayu

Kompas.com - 25/05/2017, 13:22 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Pria berinisial W mengaku kaget identitas dan fotonya disandingkan dengan terduga pelaku bom bunuh diri Kampung Melayu, Jakarta Timur, dan tersebar berantai via pesan WhatsApp.

''Saya kaget dikaitkan dengan terduga pelaku,'' ungkap W kepada wartawan saat ditemui di rumahnya di Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (25/5/2017) siang.

''Saya juga merasa dicemarkan. Inginnya orang yang membuat dan menyebarkan itu diproses juga,'' ucapnya.

Baca juga: KTP Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri Tersebar, Polisi Pastikan Pria Sukabumi Itu Masih Hidup

Dia mengaku mendapatkan informasi bahwa identitas dan foto dirinya tersebar di WhatsApp dari Kepala Unit (Kanit) Polsek Kebonpedes pada Rabu (24/5/2017) sekitar pukul 23:00 WIB.

Saat itu, dirinya baru pulang berwisata bersama sejawatnya dari Palabuhanratu. Dia sedang duduk-duduk di teras rumah depan dan kedatangan tamu, yaitu kanit dari Polsek Kebonpedes.

Awalnya hanya menanyakan ketua RT dan RW di lingkungan sini. Lalu dijawab benar di sekitar kampung ini. Namun selanjutnya menanyakan nama lengkap dirinya.

''Pak Kanit lalu menayakan nama, lalu saya jawab saya. Saat itu Pak Kanit juga kaget mendengar jawaban saya itu,'' ujar W yang sehari-hari bekerja serabutan di kampungnya.

''Terus Pak Kanit memperlihatkan handphone yang berisi info mengenai saya yang didapat dari Pak Kapolsek Kebonpedes,'' imbuhnya.

Setelah itu, lanjut dia, dirinya dibawa ke Polres Sukabumi Kota untuk dimintai keterangan terkait identitas dan foto dirinya yang berada dalam pesan WhatsApp tersebut.

''Saya diperiksa dari sekitar pukul 24.00 hingga menjelang bedug subuh. Saya jelaskan semuanya kepada polisi,'' tutur W yang terlihat masih dalam kondisi lelah.

Baca juga: Polisi Pastikan Pria di Foto KTP yang Beredar di Medsos Bukan Pelaku Bom Kampung Melayu

Salah seorang kerabatnya, Adi Ruswandi membenarkan bahwa temannya, W baru pulang dari Palabuhanratu pada Rabu (24/5/2017) sekitar pukul 23.00 WIB.

''Saya semalam bersama kawan saya ini baru pulang dari Palabuhanratu. Kami menumpang sepeda motor,'' aku Adi kepada wartawan.

 

Kompas TV Kampung Melayu Diguncang Ledakan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com