Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Melahirkan di Bagasi Mobil, Ini Penjelasan Dinkes Aceh Barat

Kompas.com - 23/05/2017, 18:15 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat dr Zafril Luthfy membenarkan pasien ibu hamil warga Kecamatan Panton Rue yang melahirkan bayi dalam bagasi mobil saat dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhien Meulaboh.

“Tadi saya dapat laporan dari Puskesmas Mutulang, ada pasien ibu hamil yang melahirkan dalam mobil keluarga saat dibawa ke RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh. Ini kebetulan saya sedang berada di Banda Aceh,” ujar dr Zafril Luthfy, Selasa (23/5/2017).

Menurut Zafril Luthfy, saat pasien dibawa ke Puskesmas Meutulang ada dokter bernama Eka di tempat. Namun karena bayi dalam kondisi sungsang, pasien harus segera dirujuk ke RSUD Cut Nyak Dhien untuk mendapatkan portolongan maksimal.

“Karena kondisi bayi pasien sungsang, makanya tidak ditangani dokter Puskesmas, pasien harus dirujuk ke RSUD kalau ditangani di Puskesmas takutnya bahaya," tuturnya.

(Baca juga: Tak Ada Dokter dan Ambulan, Bayi yang Lahir di Bagasi Mobil Meninggal)

 

Sementara dua unit mobil ambulan milik Puskesmas Meutulang, sambung Zafril Luthfy, tengah bertugas saat pasien Linda (20) hendak dirujuk.

Satu unit ambulan mengantarkan pasien lain ke RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh. Satunya lagi, sedang mengantar jenazah.

“Setelah mengantar jenazah, ambulan langsung balik ke Puskesmas untuk membawa pasien ibu hamil itu, tapi keluarga tidak mau menunggu dan langsung membawa dengan mobil pribadi,” tutupnya. 

(Baca juga: Mayat Wanita Abad ke-14 Ditemukan Melahirkan Dalam Kubur)

Kompas TV Seorang Ibu Melahirkan di Pesawat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com