Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijanjikan Kerja di Warung Makan, 4 Gadis Dipaksa ke Rumah Bordil

Kompas.com - 16/05/2017, 19:34 WIB

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS — Empat anak perempuan berusia 15-18 tahun asal Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menjadi korban perdagangan manusia. Mereka dipaksa bekerja di rumah bordil milik SS (37), warga Kelurahan Way Lunik, Kecamatan Panjang, Bandar Lampung.

Kasus perdagangan manusia itu terbongkar setelah satu korban berinisial MS (15) berhasil kabur dan melaporkan kasus itu ke Kepolisian Sektor Panjang, Selasa (9/5). Setelah mendapatkan laporan dari MS, polisi langsung memeriksa rumah tersangka. Polisi menemukan tiga korban lain, yakni NR (17), AN (16), dan AR (17).

Dari tangan SS, polisi menyita barang bukti berupa empat telepon genggam dan uang Rp 6,7 juta. Melalui SS, polisi menangkap tersangka lain, yakni Ti alias Mama Intan, yang berperan sebagai penyalur.

Kepala Polsek Panjang Komisaris Sofingi, Senin (15/5/2017), menuturkan, keempat korban itu dibawa dari Banyumas ke Bandar Lampung oleh Ti. Para korban dijanjikan akan dipekerjakan di warung makan dengan gaji Rp 5 juta per bulan.

Saat tiba di Bandar Lampung, Ti menyerahkan empat remaja itu kepada SS untuk dijadikan pekerja seks komersial.

”Tersangka Ti mengenal dan mendapatkan keempat remaja ini melalui media sosial,” ujar Sofingi.

(Baca juga: Pasangan Suami Istri Ini Rekrut Remaja untuk Bisnis Prostitusi)

Oleh SS, para korban dipaksa melayani pelanggan. SS menerima Rp 200.000-Rp 400.000 untuk setiap pesanan.

Dari hasil penyelidikan, para korban telah dipekerjakan secara paksa selama sembilan hari. Saat bekerja, mereka terlebih dahulu disuntik agar tidak hamil.

”Tersangka juga menyita telepon genggam milik para korban sehingga mereka tidak bisa berkomunikasi dengan keluarga. Dia juga mengancam korban untuk membayar uang tebusan sebesar Rp 5 juta jika ingin kembali ke kampung halaman,” ucap Sofingi.

Saat ini, polisi masih menyelidiki jaringan perdagangan anak itu. Satu tersangka lain, Mama Icha, masih diburu.

Empat korban telah dibawa ke Rumah Aman di Jakarta untuk mendapatkan pendampingan psikologis. Mereka juga telah dipertemukan dengan keluarga masing-masing.

Pendamping korban dari Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, Siti Fauziah Subekti, mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu hasil visum korban. Mereka akan menjalani pemulihan dan pendampingan sekitar dua bulan. (VIO)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 16 Mei 2017, di halaman 15 dengan judul "4 Anak Perempuan Korban Prostitusi".

 

Kompas TV Berawal dari pelajaran yang didapat di sekolah, seorang anak berusia 15 tahun tergerak untuk membantu anak-anak yang terjerat tindak perdagangan dan prostitusi anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com