Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Lintas Agama di Kupang Kembali Gelar Aksi 1.000 Lilin untuk Ahok

Kompas.com - 13/05/2017, 23:03 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Ribuan warga dari berbagai elemen lintas agama di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), memadati halaman kantor gubernur setempat untuk melakukan aksi 1.000 lilin atas matinya keadilan di NKRI.

Selain aksi menyalakan lilin, warga juga menggelar aksi petisi dukung Ahok dengan membubuhkan tanda tangan pada spanduk berukuran 50 meter, Sabtu (13/5/2017) malam.

Aksi dukungan untuk Ahok di Kota Kupang, terhitung sudah digelar selama lima malam berturut-turut sejak Selasa (9/5/2017) lalu.

Dalam aksi itu juga terlibat anak-anak dan orang-orang jompo pun ikut terlibat sebagai bentuk kepedulian terhadap matinya demokrasi di Indonesia.

Warga menilai, keputusan hakim tidak berdasarkan fakta pengadilan, namun berdasarkan tekanan massa.

Ketua Pemuda Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Kota Kupang Ernes Blegur sebagai koordinator acara itu meminta pemimpin bangsa untuk tetap berkomitmen menjaga keutuhan NKRI.

Pemerintah sebut Ernes, harus bertindak tegas untuk menolak kelompok radikalisme. Ia juga meminta lembaga peradilan bertindak independen tanpa intervensi dari pihak manapun.

Pihaknya juga kata Ernes, mendesak pemerintah Provinsi NTT, DPR, tokoh agama dan tokoh pemuda untuk menfasilitasi pertemuan dengan Presiden Jokowi, paling lambat satu minggu ke depan.

“Tujuan para lita yakni ingin mendukung presiden untuk mewujudkan pemerintah yang bersih dan menjunjung tinggi nilai kebangsaan,” ucapnya.

Pantauan Kompas.com, sebelum aksi menyalakan lilin, para pemuda dan pemudi Kota Kupang membacakan puisi secara bergantian di halaman depan kantor Gubernur NTT dan disaksikan oleh ribuan warga lainnya.

Usai aksi seribu lilin dilanjutkan doa bersama dan konser akbar dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan. Warga Kota Kupang, berkomitmen akan terus menggelar aksi ini sampai tuntutan mereka terpenuhi.

Baca juga: Ada Larangan Polisi, Aksi 1.000 Lilin untuk Ahok Tetap Berlangsung di Ambon

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com