Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Larangan Polisi, Aksi 1.000 Lilin untuk Ahok Tetap Berlangsung di Ambon

Kompas.com - 13/05/2017, 22:02 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON,KOMPAS.com - Meski ada imbauan larangan dari aparat kepolisian, aksi 1.000 lilin untuk Ahok tetap berlangsung di Kota Ambon, Sabtu (13/5/2017) malam.

Aksi 1.000 lilin untuk Ahok yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Ambon ini dihadiri ribuan warga dari berbagai penjuru di kota itu. Warga yang datang ke lokasi tersebut lalu menyalakan lilin sambil menuntut agar Ahok dibebaskan.

“Penegakan hukum harus dilakukan secara adil, bebaskan Ahok sekarang juga,”kata salah seorang pria yang memegang alat pengeras disambut yel-yel ribuan warga lainnya.

Dalam aksi itu ribuan warga yang memadati kawasan tersebut juga ikut menyanyikan sejumlah lagu kebangsaan seperti lagu Indonesia Raya, Sorak Sorak Bergembira, dan sejumlah lagu kebangsaan lainnya.

Aksi 1.000 lilin untuk Ahok di Kota Ambon ini tidak dikoordinasi oleh organisasi atau komunitas manapun. Warga mendatangi aksi 1.000 lilin untuk Ahok di lapangan merdeka setelah mereka mendapat pesan berantai berupa undnagan melalui media sosial.

“Saya tahu dari Facebook bahwa hari ini akan ada aksi 1.000 lilin untuk Ahok di sini (Lapangan Merdeka) makanya saya datang bersama teman-teman,” kata Martin kepada Kompas.com di Lapangan Merdeka Ambon, Sabtu malam.

Martin mengaku dia sengaja datang ke Lapangan Merdeka untuk mengikuti aksi tersebut karena merasa terpanggil. Baginya Ahok telah di perlakukan secara tidak adil.

”Ini panggilan jiwa, kami melihat ada kejanggalan dalam vonis terhadap pak Ahok, jadi kami datang kesini sebagai bentuk rasa simpati terhadap Ahok,” ujarnya.

Polres Pulau Ambon sendiri melarang adanya kegiatan tersebut, karena dikhawatirkan akan berdampak pada kondisi daerah. Namun kondisi itu tidak menyurutkan niat ribuan warga untuk datang ke Lapangan Merdeka.

“Saya juga dapat imbauan larangan dari kepolisian melalui WA katanya ada larangan aksi 1.000 lilin untuk Ahok di Ambon, tapi saya tetap datang saja, karena semua teman juga datang,” ujar Stevy salah seorang warga Batu Gantung.

Kabag Ops Polres Ambon AKP Bachtiar Hehanussa melalui Grup WA menyampaikan imbauan agar  warga menjaga situasi Ambon yang sudah kondusif dengan tidak membawa persoalan di Jakarta ke Kota Ambon yang menjadi laboratorium perdamaian.

Aksi 1.000 lilin untuk Ahok ini sempat diguyur hujan, namun demikian warga tetap bertahan di Lapangan Merdeka hingga acara usai. Aksi ini berjalan aman dan lancar.

Baca juga: Dibubarkan di Pantai Losari, Aksi 1.000 Lilin untuk Ahok Pindah ke Halaman RS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com