Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Yogyakarta, Kompasiana Incar Daerah Timur untuk Gelar ICD

Kompas.com - 13/05/2017, 21:21 WIB
Kontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 27 komunitas terlibat dalam pestanya komunitas se-Indonesia yang diselenggarakan Kompasiana di Plaza Pasar Ngasem, Jalan Polowijan, Kota Yogyakarta, Sabtu (13/5/2017).

Even tingkat regional yang merangkul berbagai komunitas, netizen, dan bloger itu disebut-sebut baru dilakukan pertama kali di Indonesia.

Nurulloh, Asisten Manajer Konten dan Produk Kompasiana, mengatakan, kegiatan bertajuk Indonesia Community Day (ICD) itu berjalan sukses dan lancar. Komunitas, netizen, blogger, yang terlibat dalam ICD 2017 menayangkan konten positif di berbagai platform.

"Kegiatan ini sudah menjadi wadah atau medium inspirasi aksi positif yang jadi kampanye kami selama ini," kata Nuruloh di Plaza Pasar Ngasem.

Dia mengatakan, kegiatan serupa akan dilakukan setiap tahunnya setelah melihat keberhasilan pelaksanaan ICD 2017. Menurut dia, pelaksanaan ICD akan dilakukan di kota-kota yang memiliki komunitas seperti di Yogyakarta.

"Kami merangkul komunitas bikin aksi yang setiap temanya berbeda. Untuk lokasi baru bayangan, entah di timur Jawa atau timur Indonesia. Tapi tempatnya belum dipastikan," ujarnya.

Dia menyebutkan, alasan dipilihnya Yogyakarta sebagai lokasi pelaksanaan ICD 2017 itu berdasarkan berbagai pertimbangan. Pertama, kata dia, letak geografis Yogyakarta yang berada di tengah-tengah indonesia.

"Harapannya teman dari barat dan timur datang ke sini. Selain itu, perkembangan komunitas di Yogyakarta konsisten sehingga kami percaya diri mengadakan even di sini," sebutnya.

Tak hanya sebagai wadah berkumpul antarkomunitas, kata dia, ICD juga memiliki beragam kegiatan talkshow bersama komunitas Ketjilbergerak, workshop bersama Papermoon Puppet Theatre, dan lainnya. Harapannya, kegiatan itu aktif menginspirasi dan menghasilkan aksi positif kepada pengunjung yang datang.

"Kami ingin buat acara bukan hanya berlangsung padahari H saja, tapi ada sesuatu yang yang dihasilkan. Makanya kami rangkul masyarakat digital Jogja untuk sama-sama kampanye konten positif. Komunitas buat kegiatan kami hanya suporting," kata dia.

COO Kompasiana Iskandar Zulkarnaen mengatakan, komunitas yang ikut acara ini bisa saling berbagi inspirasi sekaligus mengedukasi masyarakat.

"Kami ingin memberikan insight, keragaman dan kreativitas pada peserta yang hadir dari konten yang dikembangkan oleh komunitas yang ada di sana," ujar Iskandar.

Baca juga: Cerita Mahasiswa UGM Main Teater Boneka di ICD 2017

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com