Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Kupang Gelar Konser untuk Ahok

Kompas.com - 12/05/2017, 23:33 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com – Lebih dari 500 warga Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), menggelar aksi solidaritas dengan mengikuti konser untuk mendukung Basuki Tjahja Purnama (Ahok) agar dibebaskan, Jumat (12/5/2017) malam.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di depan kantor Pengadilan Tinggi NTT, terlihat aksi itu dimulai sejak pukul 19.00 Wita.

Acara konser diisi dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan, baca puisi, kumpul KTP, stand up comedy dan pengumpulan tanda tangan di kain putih sepanjang 50 meter serta membakar lilin.

Baca juga: Dukung Ahok, Warga Balikpapan Bakar Lilin di Kaki Tiang Bendera

Mereka melakukan itu sebagai bentuk protes terhadap pengadilan yang dinilai lebih mengutamakan tekanan massa.

Ini merupakan aksi malam keempat masyarakat yang dikoordinassi oleh Brigade Meo, salah satu organisasi kemasyarakatan yang ada di Kota Kupang.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun turut dalam aksi yang diberi nama megakonser tersebut.

Koordinator aksi, Pendeta Johny Kilapong mengatakan, aksi ini sebagai bentuk kepedulian warga Kota Kupang terhadap matinya demokrasi di Indonesia.

Pihaknya menilai, keputusan hakim tidak berdasarkan fakta pengadilan, namun berdasarkan tekanan massa, sehingga mereka meminta Ahok harus dibebaskan.

"Ini kita berada di depan Pengadilan Tinggi NTT dan tentunya kita mengharapkan bahwa rumah ini menjadi tempat untuk menemukan keadilan. Kita ingin serius bahwa kita bersatu untuk mendukung Ahok karena dia adalah ikon perubahan, dia adalah ikon kejujuran, dia adalah ikon pemersatu, dan dia adalah ikon pemimpin berintegritas,” tegasnya.

Baca juga: Ribuan Warga di Siantar Menyalakan 1.000 Lilin demi Bebaskan Ahok

Johny kembali berharap agar kegiatan ini menjadi inspirasi bagi teman-teman di seluruh Indonesia, dan NTT agar tidak tinggal diam untuk mendukung Ahok sampai bebas.

Sementara itu, warga yang datang dalam aksi itu pun secara spontan membawa fotokopi KTP agar dikirimkan ke Jakarta, sebagai jaminan penangguhan Ahok dari tahanan.

Kompas TV Aksi ini mereka lakukan sebagai bentuk dukungan untuk Ahok agar kuat menjalani masa hukumannya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com