Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Single Parent" asal Balikpapak Ini Jual ABG via Medsos

Kompas.com - 05/05/2017, 17:52 WIB
Dani Julius Zebua

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com – DL (22) seorang single parent asal Balikpapan di Kalimantan Timur menjajakan sejumlah remaja putri pada hidung belang. Di antaranya DN (17) yang masih duduk di bangku SMA dan A (17).  

“DL menawarkan korbannya lewat media sosial, Whatsapp, FB dan langsung menelpon,” ujar Ajun Komisaris Besar Polisi Asri Delfi, Kepala Subdit IV Remaja, Anak dan Wanita Polda Kaltim, Jumat (5/5/2017).

Kepada polisi, DL mengaku melakukan aksinya karena dorongan kebutuhan uang untuk menghidupi kebutuhan dirinya dan seorang anaknya. Ia sengaja mendekati remaja-remaja putri dan menjadikannya teman. 

(Baca juga: Marak Prostitusi Anak, Para Siswi Direkrut Kakak Kelas)

Setelah itu, DL dan calon korban menyepakati bagi hasil sama rata bila mendapat pelanggan. DL biasanya membawa remaja yang dijualnya ke hotel dan transaksi di tempat dengan pelanggannya.

“Biasanya bila dihargai Rp 1 juta, Rp 500.000 untuk yang mencari dan Rp 500.000 untuk ABG,” kata Komisaris Polisi Hanif M Siringoringo, Kepala Sub Bidang Penerangan Masyarakat, Polda Kaltim.

DL mencari para pria hidung belang yang menyukai anak-anak dan remaja di kafe maupun tempat karaoke. DL mengumpulkan banyak nama pengunjung dan pelanggan di sana. DL mengakui sudah beraksi selama 6 bulan belakangan ini.

Polisi menangkap DL saat sedang menawarkan DN dan A di sebuah kafe di Balikpapan, Rabu (3/5/2017) malam.

Polisi memastikan bahwa keduanya merupakan anak di bawah umur berdasarkan akta kelahiran dan kartu keluarga. Kedua korban pun langsung diamankan Polda Kaltim. 

(Baca juga: Kak Seto: Pelaku Prostitusi Anak Layak Dikenakan Pasal Berlapis)

Kompas TV Berawal dari pelajaran yang didapat di sekolah, seorang anak berusia 15 tahun tergerak untuk membantu anak-anak yang terjerat tindak perdagangan dan prostitusi anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com