Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Lebaran Sisa 10 Persen, PT KAI Cari Armada "Nganggur"

Kompas.com - 04/05/2017, 21:02 WIB
Kontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daerah Operasi VI Yogyakarta mencari armada untuk menambah angkutan Lebaran. Hal itu menyusul tiket kereta api arus mudik tersisa 10 persen untuk 15 Juni 2017 sampai 19 Juni 2017.

"Tiket baik reguler dan tambahan sudah dijual, kemungkinan kalau masih ada armada yang bisa dimanfaatkan untuk melayani masyarakat lagi, akan operasikan lagi. Tapi jumlahnya belum bisa dipastikan," kata Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, Kamis (4/5/2017).

Selain menunggu ketersediaan armada, pihaknya menunggu keputusan kerja sama PT KAI dengan pemerintah terkait penyediaan angkutan gratis.

Biasanya, sambung dia, sebelum Lebaran ada program dari pemerintah untuk membantu pemudik khususnya yang menggunakan sepeda motor.

"Kemungkinan ada kebijakan dari Kementerian Perhubungan untuk membantu masyarakat yang mudik dan untuk mengurangi kecelakaan di jalan raya. Jadi angkutan ini khusus motor ini nanti gratis," ucapnya.

(Baca juga: Ini Tips dari PT KAI bagi Warga yang Berburu Tiket Kereta Lebaran)

 

Terkait dengan pengamanan, Eko mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Polri dan TNI. Menurutnya, personel Polri dan TNI itu akan ditempatkan bersama Polisi Khusus (Polsus) Kereta Api di setiap stasiun dan rangkaian kereta api.

"Setiap tahunnya kami evaluasi karena sukses tidaknya angkutan Lebaran juga dilihat dari kereta api. Kalau layanan kereta api aman dan terkendali dan semua penumpang bisa terangkut semua maka bisa dikatakan sukses," tutupnya. 

Kompas TV PT Kereta Api akan mulai membuka penjualan tiket lebaran pada 17 Maret nanti. Artinya tiket ini bisa diterima pada hari minus 90 lebaran. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang akan mengakses situsnya, PT KAI telah menyiapkan server gate. Dengan server ini PT KAI menjanjikan situsnya tidak akan down pada saat terjadi lonjakan akses. Tahun lalu PT KAI menyiapkan lebih dari 4 juta kursi untuk angkutan lebaran di tambah kursi tambahan setiap hari.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com