Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebulan Berlalu, Jenazah Ketujuh Korban Hilang Tanah Longsor Ponorogo Ditemukan

Kompas.com - 03/05/2017, 23:51 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

PONOROGO, KOMPAS.com - Setelah sebulan lebih, jenazah korban hilang tanah longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur ditemukan warga di sektor B, Rabu ( 2/5/2017) sore.

Jenazah berjenis kelamin perempuan itu merupakan jasad ketujuh yang ditemukan sejak bencana terjadi Sabtu (1/ 4/2017).

"Tadi jenazahnya ditemukan di sektor B oleh warga sekitar pukul 14.30 WIB. Jasad korban berjenis kelamin perempuan ditemukan sudah dalam kondisi rusak di daerah aliran sungai di sektor tersebut," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ponorogo, Sumani, Rabu (2/5/2017) sore.

Sumani menyatakan, saat ditemukan, kondisi mayat korban sudah mengering namun masih lengkap kondisi tubuhnya dengan pakaian dan celana. Dari ciri fisik badan dan pakaian yang dikenakan jenazah beberapa warga mengenalnya.

"Kemungkinan nama korban Situn (45), istrinya, Tolu korban lain yang belum ditemukan," kata Sumani.

(Baca juga: Pelajaran Kehidupan dari Anak-anak Korban Tanah Longsor Ponorogo)

Korban ditemukan warga setempat yang melintas di daerah aliran sungai di sektor B. Mengetahui ada jenazah tak dikenal, warga melaporkan ke aparat setempat untuk dilakukan evakuasi.

Untuk memastikan identitas korban, kata Sumani, usai dievakuasi jenazah korban dibawa ke RSUD dr Hardjono Ponorogo. Jenazah korban akan diidentifikasi tim DVI Biddokes Polda Jawa Timur.

Sebelumnya, tim gabungan berhasil menemukan enam jenazah korban hilang tanah longsor sejak Minggu (2/4/2017) hingga Sabtu (29/4/2017).

Enam korban yang berhasil dibawa tim SAR gabungan, yakni Katemi (70), Iwan Danang Suwandi (27), Sunadi (47), Sumaryono (25) dan dua lagi masih dalam proses identifikasi. Sementara total korban hilang yang dilaporkan sebanyak 28 orang. Dengan demikian, korban hilang yang belum ditemukan sebanyak 21 orang.

 

Kompas TV Tim relawan menemukan korban kelima, bencana tanah longsor di Desa Banaran, Ponorogo.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com