Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Kelulusan, Siswa SMA di Yogyakarta Bagi-bagi Nasi Kotak

Kompas.com - 02/05/2017, 13:10 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Para siswa dari berbagai SMA di Yogyakarta membagikan nasi kotak dan susu kedelai kepada masyarakat.

Aksi ini dilakukan para siswa dalam rangka ucapan syukur atas kelulusan mereka.

Secara serentak mulai pukul 10.00 WIB, para siswa dari berbagai SMA di Yogyakarta yang tergabung dalam Student Care and Share mulai melakukan kegiatan membagikan nasi kotak dan susu kedelai di berbagai lokasi.

Baca juga: Konvoi Kelulusan ke Gang Kampung, Pelajar di Boyolali Dihajar Warga

Mereka membagikannya di beberapa tempat sesuai dengan wilayah yang sudah disepakati. Sasaran mereka, baik seperti tukang parkir, loper koran hingga penarik becak.

"Kegiatan membagikan nasi kotak dan susu kedelai kepada masyarakat ini sebagai ungkapan rasa syukur atas pengumuman kelulusan kami," ujar Yusuf Iqbal, pelajar kelas 3 SMA 2 Yogyakarta, Selasa (02/05/2017).

Dijelaskannya, uang yang digunakan untuk membeli nasi kotak dan susu kedelai adalah hasil dari iuran sukarela para siswa kelas 3 yang tergabung dalam Student Care and Share. Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi kebahagian dengan sesama.

"Dari pada konvoi dan corat-coret seragam, lebih berguna dan bermanfaat bagi masyarakat ketika melakukan kegiatan seperti ini. Di Tugu Yogyakarta, kita bagikan sekitar 250 nasi kotak dan 500 bungkus susu kedelai," tandasnya.

Sementara itu, Assyafa'ul Basith, siswa kelas 3 SMA Negeri 3 Yogyakarta mengatakan, kegiatan membagikan nasi kotak kepada masyarakat sebagai ucapan rasa syukur atas kelulusan sudah dilakukan sejak dahulu. Bahkan sudah menjadi tradisi.

"Sudah lama, ya sudah menjadi tradisi istilahnya. Merayakan kelulusan yang bermanfaat bagi sesama, sekaligus ucapan syukur," urainya.

Baca juga: Pelajar SMK yang Membuang Bayi Diperbolehkan Ikut Ujian Nasional

Menurutnya, kegiatan membagikan nasi kotak ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 3 SMA Negeri 3 Yogyakarta. Setiap siswa dibagi dalam kelompok dan membagikan nas kotak di sekitar wilayah SMA Negeri 3 Yogyakarta.

"Semua ada sekitar 200-an nasi kotak. Uangnya iuran siswa dan ditambah dari sekolah," pungkasnya.

Kompas TV UNBK Tertunda Akibat Komputer Dicuri
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com