Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

200 Buku untuk Komunitas Baca Hikayat Tanah Hitu di Maluku Tengah

Kompas.com - 29/04/2017, 22:49 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Sebanyak 200 buku bacaan didonasikan kepada komunitas Hikayat Tanah Hitu yang ada di Desa Hitu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

Ratusan buku bacaan itu diserahkan langsung Store Manager Gramedia Ambon, Muhamad Guntur, kepada pengelola Lapak Baca Barakate di taman baca komunitas tersebut, Sabtu (29/4/2017).

Pemberian bantuan buku-buku itu juga ikut disaksikan Public Relation Gramedia, Azas Rifai, yang sengaja berkunjung ke Ambon untuk melihat taman baca tersebut.

Lapak baca Barakate sendiri selama ini dikelola oleh anggota komunitas Hikayat Tanah Hitu yang terus berupaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat di desa tersebut.

“Jumlah buku yang kami serahkan ini ada sekitar 200 buah buku bacaan. Jadi ada komik, buku anak-anak buku pengetahuan dan lainnya,” kata Guntur kepada Kompas.com di taman baca tersebut.

KOMPAS.com/Rahmat Rahman Patty Sebanyak 200 buku bacaan didonasikan kepada komunitas Hikayat Tanah Hitu yang ada di Desa Hitu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.
Guntur berharap, dengan bantuan ratusan buku tersebut warga setempat, khususnya generasi muda, dapat lebih meningkatkan minat baca, dan juga mampu memberikan inspirasi dan pengetahuan kepada masyarakat di desa itu.

“Harapannya bisa meningkatkan minta baca bukan saja untuk anggota komunitas tapi juga semua masyarakat di sini. Semoga dengan buku ini bisa memberikan informasi dan pengetahuan sekaligus bisa menginspirasi masyarakat disini untuk lebih gemar membaca,” harapnya.

Dengan pemberian bantuan ratusan buku tersebut, lanjut Guntur, masyarakat Desa Hitu bisa memiliki banyak pilihan untuk membaca buku yang disediakan.

Sementara itu, pengelola Lapak Baca Baraket yang juga salah satu pendiri komunitas Hikayat Tanah Hitu, Halid Pellu menuturkan, pihaknya senang karena dengan bantuan itu, koleksi buku bacaan yang ada semakin bertambah.

“Senang, bangga, dan senang sekali. Ini bentuk perhatian besar dari Gramedia kepada kami, dan kami sangat berterima kasih karena selama ini Gramedia begitu peduli terhadap kami, tentu kepercayaan ini akan kami jaga,” tuturnya.

(Baca juga: Kisah TKW Hongkong yang Mendirikan Taman Bacaan)

 

 

Kompas TV Perahu Disulap Jadi Taman Baca

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com