Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembuat Berita "Hoax" yang Catut Nama Sri Sultan Ditangkap

Kompas.com - 28/04/2017, 18:31 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Polda DIY menangkap seorang pria yang merupakan penulis dan pengunggah berita hoax dengan mencatut nama Gubernur DIY sekaligus Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Pelaku berinisial RNM (25) ditangkap di daerah Sumatera Selatan. "Dua hari lalu sudah berhasil ditangkap , berinisial RNM," ujar Kapolda DIY, Brigjen Pol Ahmad Dofiri di DPRD DIY, Jumat (28/4/2017).

Dofiri menuturkan, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda DIY awalnya melacak dan menyelidiki situs yang menampilkan tulisan dengan mencatut nama Sri Sultan tersebut.

(Baca juga: Sri Sultan Laporkan Situs yang Menyebarkan Berita "Hoax")

 

Dari penelusuran, yang bersangkutan berada di Sumatera Selatan. Anggota lalu menangkapnya. "Kemarin tiba di Mapolda DIY dan dilakukan pemeriksaan," tegasnya.

Hasil penyelidikan sementara, RNM yang menulis dan mengunggah tulisan tersebut. Namun, untuk situs metronews.tk, RNM meminta dibuatkan orang lain.

Selain itu, dari pemeriksaan diketahui pula cara kerja RNM. Dalam menyusun artikel, ia seakan-akan mewawancarai narasumber. Lalu, pelaku membuka berbagai berita online, memotong, dan menggabungkannya menjadi satu artikel dan mengunggahnya. 

Dofiri menyampaikan, saat ini pihaknya masih mendalami motifnya. Namun dugaan sementara karena faktor ekonomi. Pelaku ingin meningkatkan jumlah pembaca sehingga mendapat keuntungan fee iklan.

"Agar orang tertarik dan membuka situs itu, sehingga semakin banyak yang membuka untuk mendapat fee iklan. Tetapi masih kita dalami lagi," tandasnya.

(Baca juga: Begini Cara Google dan Facebook Perangi "Hoax")

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa kartu telepon seluler, laptop dan telepon genggam. Laptop yang diamankan sebagai barang bukti, selama ini digunakan pelaku untuk mengunggah tulisan hoax di situs metronews.tk.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DIY Hadiningrat, Sri Sultan HB X, Rabu (19/04/2017) datang ke Mapolda DIY untuk melaporkan salah satu tulisan hoax yang mencatut namanya. Tulisan hoax tersebut diunggah di www.metronews.tk. 

Kompas TV Sri Sultan Hamengkubuwono X Shalat Id
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com