Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Pendaki Gunung Prau yang Tersambar Petir Dirawat Intensif

Kompas.com - 26/04/2017, 00:04 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

WONOSOBO, KOMPAS.com - Dua pendaki yang tersambar petir di Gunung Prau, Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, masih dirawat di RSUD Wonosobo. Keduanya adalah Danang (28) asal Cipinang, Jakarta Timur dan Muhammad Ikbal (29) asal Sunter, Jakarta Utara.

Sementara enam orang korban luka yang sebelumnya dirawat sudah diperbolehkan pulang oleh tim medis. Mereka diantar oleh pihak rumah sakit, keluarga dan petugas Polres Wonosobo ke Jakarta menggunakan bus, Selasa (25/4/2017) pagi.

"Dua orang yang masih dirawat itu karena masih mengalami gangguan pada jantungnya," jelas Kepala Sub Bagian Humas Polres Wonosobo AKP Agus Priyono, dikonfirmasi melalui pesan singkat, Selasa sore.

Akibat kondisi tersebut, kedua pendaki itu harus dirawat intensif. Sebelum diputuskan untuk pulang, keduanya harus dipastikan membaik.

(Baca juga: Tiga Pendaki Tewas Tersambar Petir di Gunung Prau)

 

Menurut Agus, korban Danang masih dirawat di ruang High Care Unit (HCU), sementara Ikbal di ruang Intensif Care Unit (ICU) RSUD Wonosobo. Keduanya masih dalam proses pemulihan.

"Danang mengalami luka bakar di punggung, sebetulnya pihak keluarga sudah ingin membawanya pulang namun masih menunggu hasil pengecekan dari dokter spesialis," ujar Agus.

Pada kesempatan ini Agus menegaskan bahwa seluruh pendaki tersebut tidak sedang ber-swafoto atau naik ke pohon sebelum tersambar petir. Namun mereka sedang memasang bivak atau tenda untuk beristirahat makan siang.

"Kemungkinan lokasi tersebut bekas tower pemancar alat telekomunikasi yang masih tersisa. Kejadian itu berlangsung sangat cepat. Petir dan kilat menyambar dua kali hingga mereka terpental," papar Agus.

(Baca juga: Gunung Prau Ditutup, Pendaki Diarahkan Berwisata ke Dieng)

 

Saat ini, Gunung Prau ditutup untuk aktivitas pendakian dari semua jalur selama seminggu ke depan. Kebijakan diputuskan oleh BPBD Kabupaten Wonosobo, pengelola basecamp, perangkat desa, dan aparat kepolisian mengingat cuaca ekstrim masih melanda kawasan gunung setinggi 2.565 mdpl.

"Kalau ada wisatawan yang terlanjur tiba di basecamp Gunung Prau, kami sarankan untuk mendaki ke puncak Sikunir saja," imbau salah satu petugas BPBD Wonosobo Sabarno.

Berita sebelumnya, 11 orang pendaki tersambar petir di Gunung Prau Dieng Wonosobo, Minggu (23/4/2017) sore. Mereka mendaki melalui Basecamp Patak Banteng. Akibat peristiwa itu, tiga orang pendaki meningga dunia karena mengalami luka sangat parah. 

Kompas TV 8 orang pendaki yang menjadi korban selamat akibat tersambar petir di Puncak Gunung Prau, Wonosobo, Jawa Tengah, masih dirawat intensif .
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com