Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 5,4 SR Guncang Tasikmalaya, Getaran Terasa hingga Sukabumi

Kompas.com - 24/04/2017, 06:36 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Gempa bermagnitudo 5,4 mengguncang Tasikmalaya, Jawa Barat, dan sekitarnya, Senin (24/4/2017) sekitar pukul 01.01 WIB.

Info Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, pusat gempa berada pada koordinat 8,10 Lintang Selatan dan 107,86 Bujur Timur atau 58 kilometer arah barat daya Kabupaten Tasikmalaya dengan kedalaman 13 kilometer. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Namun, gempa terasa hingga Sukabumi, bahkan hingga lokasi di kaki Gunung Gede Pangrango.

''Ya ada gempa, saya merasakan dua kali yang pertama terasa kecil, keduanya besar,'' kata Ikbal (29) warga Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi.

Ikbal menuturkan, dia dan keluarganya sempat keluar rumah. Selain keluarganya, beberapa tetangga juga keluar rumah. Karena dikhawatirkan terjadi gempa susulan, keluarganya sempat berdiam diri dulu di luar.

''Kami kaget juga, apalagi pintu ikut bergetar. Keluarga saya yang sudah tidur juga ikut terbangun,'' tutur dia yang sedang menunggu pertandingan sepak bola di salah satu stasiun televisi.

Yusuf Nabilisi (36) merasakan getaran gempa dua kali yang berlangsung beberapa detik. Pertama memang terasa getarannya terasa kecil, dan yang kedua cukup lama dibanding pertama.

''Awalnya saya kira getaran yang dirasakan hanya perasaan saja. Tapi ada teman juga yang merasakan gempa,'' kata Yusuf anggota Volunteer Panthera yang sedang berada di rumah panggung 'Pondok Polygala' Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Resor Selabintana, Sukabumi.

(Baca juga: Peringati 12 Tahun Gempa Nias, Warga Gunungsitoli Gelar Pawai Obor)

 

Kompas TV ntuk mengetahui sejarah gempa yang pernah terjadi di wilayah Lembang, Bandung, dilakukan metode "Trenching" dan "Coring". Apakah itu?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com